Home Headline Pembangunan Gedung Bersama Mangkrak

Pembangunan Gedung Bersama Mangkrak

Proses pembangunan Gedung Bersama di area Setda Jepara baru tahap pembangunan rangka.
Proses pembangunan Gedung Bersama di area Setda Jepara baru tahap pembangunan rangka.
Proses pembangunan Gedung Bersama di area Setda Jepara baru tahap pembangunan rangka.

Jepara, 10/1 (Beritajateng.net) – Target pembangunan Gedung Bersama di area Kesekretariatan Daerah (Setda) Jepara belum bisa dipastikan. Pasalnya, penuntasan proyek miliaran rupiah tersebut tak hanya mengandalkan penyerapan APBD, tapi juga dan hibah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

“Saat ini belum jelas waktu pasti pelaksaan proyek lanjutan pembangunan gedung yang akan dihuni oleh beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan instansi pemerintah lainnya. Sebab saat ini baru dilakukan penyusunan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Jepara,” ungkap Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Kebersihan (Ciptaruk) Jepara, Azhar Ekanto.

Yang bisa dipastikan, lanjut Azhar, hanyalah proyek pembangunan akan dilanjutkan pada tahun ini. Penyelesaian proyek pun tidak bisa dipastikan mengingat penyelesaian pembangunan sebagian dana merupakan dana hibah dari Pemprov Jawa Tengah.

Besar biaya proyek yang sudah digelontorkan Pemkab Jepara dalam pembangunan tahap pertama tahun lalu sebesar Rp 5 miliar. Dana digelontorkan dari APBD Jepara tahun 2014.

Menurut perhitungan, butuh sekitar Rp 10 miliar lagi untuk bisa merampungkan pembangunan hingga bisa digunakan.

Azhar menerangkan, Pemkab Jepara sesuai dengan rencana, telah menyiapkan dana sekitar Rp 5 miliar. Jumlah yang sama diandalkan dari dana hibah dari Pemprov. Menurutnya, dana dari Pemkab Jepara sendiri bisa dipastikan akan dibelanjakan pada tahun ini untuk melanjutkan pembangunan.

“Adapun dana dari Pemprov belum bisa dipastikan. Jika dana Pemprov cair dan bisa dibelanjakan tahun ini, pembangunan bisa diselesaikan tahun ini juga. Tapi jika tidak, kemungkinan 2016 pembangunan baru bisa dirampungkan,” paparnya.

Gedung Bersama tersebut dibangun guna mempermudah warga yang akan mengurus administrasi dan perijinan lainnya karena terpadu dalam satu gedung. Proyek prestisius tersebut menjadi bagian dari proyek pembangunan beberapa gedung di bawah Dinas Cipataruk Jepara.

Saat ini, pembangunan gedung sendiri baru pada tahap pendirian rangka. Baru lantai tiga yang sudah dibangun dinding dari batu bata. Konstruksi atap lengkap dengan genteng juga selesai dipasang, sejak akhir 2014 lalu. (BJ18)