Home Lintas Jateng Pembagian Daging Kurban Pakai Besek, Cara Golkar Demak Peduli Lingkungan

Pembagian Daging Kurban Pakai Besek, Cara Golkar Demak Peduli Lingkungan

211
Pembagian Daging Kurban Pakai Besek, Cara Golkar Demak Peduli Lingkungan

Demak, 13/8 (BeritaJateng.net) – DPD II Partai Golkar Kabupaten Demak mengemas daging kurban pada Idul Adha 1440 H tahun ini dengan cara berbeda.

Jika biasanya pembagian daging kurban menggunakan kantong plastik berbagai ukuran sesuai dengan berat atau bobot, panitia kurban partai berlambang pohon beringin itu menggunakan besek, semacam wadah persegi empat yang terbuat dari anyaman bambu.

Pemakaian besek dalam pembagian daging kurban pada perayaan Idul Adha tahun ini, dilakukan untuk menekan penggunaan sampah plastik.

Penyembelihan hewan kurban dilakukan, Senin (12/8), usai gelar doa bersama. Daging hewan kurban kemudian dibungkus pakai besek, untuk dibagikan kepada masyarakat.

Ketua DPD II Golkar Kabupaten Demak, Nur Wahid menuturkan bahwa momentum perayaan Idul Adha sekaligus menjadi contoh untuk mencintai lingkungan. Sehingga dipilih besek sebagai pengganti kantong plastik yang berpotensi menghasilkan limbah.

“Alhamdulillah tahun ini kami kurban satu kerbau dan satu kambing. Pembagiannya daging pakai besek yang ramah lingkungan,” ujar Nur Wahid yang akrab disapa Cak One.

Daging hewan kurban tersebut selanjutnya dibagikan kepada masyarakat terutama bagi mereka yang membutuhkan.

“Iya kami bagikan bagi mereka yang membutuhkan. Kalau waktu kurban pasti penggunaan plastik bertambah, sehingga kami memilih besek. Setidaknya mampu menekan sampah plastik di Demak,” kata dia.

Cak One berharap, momentum perayaan Idul Adha mampu membawa Kabupaten Demak ke arah yang lebih baik. “Ke depan, masyarakat bisa sadar akan lingkungan,” tutupnya. (El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here