Home Hukum dan Kriminal Pembacaan Vonis Mantan Bupati Kendal Batal Digelar

Pembacaan Vonis Mantan Bupati Kendal Batal Digelar

nur markesi

Semarang, 5/2 (BeritaJateng.net) – Pembacaan vonis mantan Bupati Siti Nurmakesi dalam perkara korupsi bantuan sosial Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, tahun 2010, Kamis, batal, karena majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang, belum siap.

“Karena majelis belum siap, maka sidang harus ditunda,” kata Hakim Ketua Gatot Susanto pada sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Semarang.

Majelis hakim menjadwalkan pembacaan putusan terhadap mantan orang nomor satu di Kabupaten Kendal tersebut pada sidang hari Senin (9/2) pekan depan.

Majelis hakim memerintahkan terdakwa Siti Nurmarkesi yang tidak ditahan tersebut untuk hadir pada persidangan pekan depan.

Sebelumnya, Mantan Bupati Kendal, Siti Nurmarkesi dituntut hukuman enam tahun penjara dalam perkara korupsi bantuan sosial Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, pada 2010.

Jaksa Penuntut Umum Maliki Budianto juga menuntut terdakwa untuk membayar denda sebesar Rp100 juta yang jika tidak dibayar akan diganti dengan hukuman kurungan selama tiga bulan.

Jaksa juga menuntut terdakwa untuk membayar uang pengganti kerugian negara dalam perkara tersebut sebesar Rp1,2 miliar.

“Menyatakan terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal 3 UU No. 31/1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20/2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi,” katanya.

Adapun pertimbangan jaksa dalam menjatuhkan tuntutan di antaranya terdakwa tidak berterus terang dan tidak merasa bersalah.

Siti Nurmarkesi diadili atas dugaan korupsi bantuan sosial Kabupaten Kendal senilai Rp1,2 miliar.

Dugaan penyimpangan tersebut diketahui terjadi ketika pencairan dana bantuan yang berpindah dari rekening Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Daerah ke rekening bendahara pembantu pada Bagian Kesra.

Perbuatan terdakwa tersebut dijerat dengan UU No.13/1999 sebagaimana diubah dan ditambahkan dengan UU No.20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (ant/BJ)