Home Ekbis Peluang Investasi di Semarang Sangat Besar

Peluang Investasi di Semarang Sangat Besar

Seminar FWPJT

Semarang, 26/8 (BeritaJateng.net) – Ditengah melemahnya ekonomi, Forum Wartawan Pemprov & DPRD Jateng (FWPJT) menggelar Seminar bertajuk Peluang dan Tantangan Menarik Investasi ke Daerah, Rabu (26/8) di Bank Jateng.

Dalam seminar tersebut menghadirkan tiga calon Walikota Semarang Soemarmo-Zuber, Hendrar Prihadi-Ita dan Sigit-Agus. Selain calon walikota dihadirkan juga pakar ekonomi Prof Dr FX Soegiyanto dan kepala bafan penanaman modal Jateng Sujarwanto.

Hendrar Prihadi memaparkan berbicara investasi, Kota Semarang memiliki daya tarik tersendiri karena Kota Semarang secara geografis berada di tengah-tengah. Selain itu Kota Semarang memiliki potensi bandara, pelabuhan yang besar, stasiun kereta api dan juga terminal.

“Sehingga sangat berpeluang menarik investor karena pasarnya jelas. Pemerintah hanya memfasilitasi perijinan yang cepat dan hingga saat ini yang menjadi kendala adalah regulasi yang berlapis,” ujar Hendrar Prihadi.

Selain perijinan yang cepat, untuk menarik investor pemerintah harus menjamin keamanan, pemerintah menjamin kepastian hukum. Karena untuk mewujudkan kota yang besar harus mengutamakan investor karena perputaran uang 70 persen dari swasta.

Sementara Calon Sigit Ibnugroho mengatakan untuk menarik investor ada empat hal yang harus diperhatikan, birokrasi, prasarana, kepastian hukum dan SDM.

“Empat hal itu menjadi modal untuk menarik investor. Birokrasi harus berprinsip memudahkan dan menekan biaya rendah. Prasarana juga menjadi penting dan yang lebih penting adalah kepastian hukum, tata ruang dan tata wilayah yang pasti dan SDM harus mumpuni dan ahli di bidangnya,” tambah Sigit.

Senada dengan itu, calon Wakil Walikota Zuber Syafawi mengatakan investasi merupakan hal yang penting karena bisa menjadikan kota yang berdaya saing tinggi.

“Pemerintah harus memfasilitasi seluruhnya dengan kemudahan, meminimalisir biaya dan lain-lain. Yang penting adalah menjamin keamanan dan kenyamanan investor,” ujar Zuber.

Dalam kesempatan itu, ketiga pasangan sepakat membangun dan mengangkat ikon Kota Semarang untuk lebih meningkatkan investasi di Kota Semarang. (BJ06)