Home News Update Pelipatan Surat Suara Libatkan Ratusan Warga

Pelipatan Surat Suara Libatkan Ratusan Warga

557

Wonogiri, 16/11 (BeritaJateng.net) – Surat suara untuk kebutuhan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri sudah mulai dilipat dan disortir oleh KPU Wonogiri dengan melibatkan 140 orang warga Wonogiri, Senin (16/11) di SLB Wonogiri.

Ketua KPU Wonogiri Mat Nawir, S.Ag mengatakan pelipatan dilakukan terpadu dalam satu ruangan yang telah disiapkan KPU yakni di Aula SLB Wonogiri. Warga yang dilibatkan dibagi dengan sistem kelompok, dengan pembagian per kelompok ada 4 orang pelipat.

“Semua ada 35 kelompok, masing-masing kelompok 4 orang. Jadi semua ada 140 orang. Diharapkan bisa selesai dalam 3 hari ke depan ” jelasnya.

Di samping pelipatan, lanjut Mat Nawir, pelipat sekaligus juga diminta mensortir surat suara yang rusak, selanjutnya Pokja yang membidangi membuat berita acaranya.

“Ada beberapa kriteria surat suara yang dikategorikan rusak diantaranya ada noda tinta, warna gambar buram dan sobek atau berlubang,” tuturnya.

Mengenai honor pelipat surat suara, ia mengatakan setiap lembar surat suara para pelipat akan diberikan imbalan sebesar 50 rupiah.

“Honor bagi pelipat kami sesuaikan anggaran, masing-masing akan mendapatkan 50 rupiah per lembar,” katanya.

Salah satu pelipat surat suara asal Pokoh Kidul Sumiyati, di sela-sela aktifitas pelipatannya merasa sangat senang bisa berpartisipasi membantu melipat surat suara. Dikatakannya, bahwa pelipatan (surat suara) ini sudah sejak lama dilakoninya.

“Ini sudah ke empat kalinya, sebelumnya kami daftar dulu, bahkan rebutan,” sebutnya.

Sementara itu surat suara untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati sejumlah 887.352 lembar, terdiri dari surat suara 885.352 lembar dan Surat Suara Pemilu ulang sebanyak 2.000 lembar. (BJ09)

Advertisements