Home Ekbis Pelindo Tambah Dua Unit Kontainer Crane 

Pelindo Tambah Dua Unit Kontainer Crane 

Semarang, 29/11 (BeritaJateng.net) – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) mendatangkan dua unit STS (Ship-to-shore) Crane asal Dalian, China di Terminal Petikemas Semarang (TPKS).

Dua unit STS Crane atau yang biasa disebut Container Crane ini menambahkan persenjataan yang dimiliki TPKS untuk melakukan handling bongkar atau muat petikemas di satu-satunya Container Terminal di Propinsi Jawa Tengah. “TPKS semula memiliki 5 Container Crane sekarang menjadi 7 Container Crane,” ujar Erry Akbar Panggabean, General Manager Pelindo III TPKS.

Erry mengatakan, dua unit Container Crane yang telah didatangkan ini mempunyai beberapa kelebihan dibanding crane yang sudah ada. Yakni mulai dari kapasitas angkut yang mencapai maksimal 40 ton, kecepatan aktivitas bongkar muat hingga 35 box/crane/hour, dan ramah lingkungan karena menggunakan bahan bakar listrik. Untuk nilai investasi yang telah dikeluarkan Pelindo III, dua unit Container Crane ini benilai sekitar USD 12,5 Juta.

Ia mengungkapkan bahwa, kedatangan dua unit Crane ini merupakan salah satu bentuk investasi yang dilakukan Pelindo III untuk mengakomodir pertumbuhan industry dan perdagangan di Jawa Tengah dan Jogja.

“Setelah sebelumnya TPKS menyelesaikan pekerjaan penambahan Dermaga 105 meter dan perluasan CY baru seluas 5,3 Ha serta telah datangnya 11 unit A-RTG merk Konecranes yang segera akan dirakit. A-RTG ini sendiri nantinya kalo sudah dioperasikan akan menjadikan TPKS menjadi Terminal petikemas pertama di dunia yang mengoperasikan A-RTG dari perusahaan asal Finlandia tersebut,” katanya.

Sementara itu, Edi Priyanto Kepala Humas Pelindo III mengatakan bahwa pada triwulan IV tahun 2015 ini arus barang diharapkan akan terus meningkat seiring dengan mulai berangsur-angsur membaiknya perekonomian di tanah air pasca dikeluarkannya paket kebijakan dari pemerintah.

“Hal ini juga didasarkan pada realita bahwa pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Timur yang selalu lebih tinggi dibandingkan rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional,” imbuhnya.

Edi mengungkapkan bahwa Pelindo III sepanjang semester II tahun 2015 ini mendatangkan beberapa peralatan bongkar muat, tepatnya sebanyak 8 unit Crane untuk menunjang bongkar muat diantaranya dua unit Grab Ship Unloader (GSU) di Terminal Teluk Lamong Pelabuhan Tanjung Perak, 2 unit Ship To Shore (STS Crane) di Terminal Nilam Pelabuhan Tanjung Perak, 2 unit STS Crane di Terminal Petikemas Semarang (TPKS) Pelabuhan Tanjung Emas dan 4 unit STS Crane memperkuat Terminal Petikemas Banjarmasin (TPKB) Pelabuhan Banjarmasin. (Bj)