Home Hukum dan Kriminal Pelaku Buang Bayi Dirawat di RS Solo

Pelaku Buang Bayi Dirawat di RS Solo

ilustrasi

Solo, 7/1 (BeritaJateng.net) – Kepolisian Resor Kota Surakarta membawa pelaku pembuang bayi, berniasial Ny Ynt (30) warga Lawang Malang Jawa Timur, ke Rumah Sakit Kustati Solo, untuk dilakukan penanganan pemeriksaan setelah melahirkan.

Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol. Iriansyah melalui Kasubag Humas AKP Sis Raniwati, di Solo, Rabu, mengatakan pelaku setelah ditangkap di rumahnya Malang kemudian dibawa ke Solo, dan dibawa ke Rumah Sakit Kustati, pada Selasa (6/1), untuk pemeriksaan setelah dia melahirkan untuk menjaga kesehatannya.

Menurut Sis Raniwati, penanganan setelah melahirkan biasanya membersihkan paska persalinan (curret) oleh dokter di RS, sehingga kondisi pelaku betul-betul sehat baru dilakukan pemeriksaan proses hukum lebih lanjut.

Sis Raniwati menjelaskan, polisi berhasil mengungkap pelaku pembuang bayi yang ditemukan di dalam monoblok kloset kamar mandi ruang IGD Rumah Sakit Kustati Solo itu, dari hasil pemeriksaan alat perekam Closed Circuit Television (CCTV) yang dipasang di ruang iitu.

Pelaku berawal berkunjung ke rumah temannya, Yosef warga Mojolaban Sukoharjo, pada Senin (29/12) 2014. Pelaku mengaku merasa sakit pinggang dan tidak bisa datang bulan kemudian diantarkan oleh temannya itu, ke RS Pelaku setelah diperiksa di ruang IGD RS Kustati, kemudian minta izin ke kamar mandi. Pelaku ketika itu, diduga melahirkan di ruang kamar mandi dan menyimpan bayinya ke dalam monoblok kloset.

Menurut Kasat Reskrim Polresta Surakarta Kompol Guntur Saputro, dari hasil pemeriksaan sementara pelaku nekat membuang bayinya itu, karena hubungannya dengan pacarnya berinisial At (32) warga Malang tidak direstui oleh keluarganya.

Polisi berhasil mengungkap penemuan orok bayi di dalam monoblok kloset di ruang kamar mandi IGD RS Kustati tersebut, setelah hasil penyelidikan mengarah ke arah pelaku yang terekam di CCTV yang dipasang di ruang tersebut.

“Kami langsung melakukan pelacakan dan berhasil menangkap di rumahnya di Lawang Malang Jatim, pada Senin (5/1), sekitar pukul 16.00 WIB. Pelaku langsung dibawa ke Solo untuk pemeriksaan lebih lanjut,” katanya.

Namun, pelaku kini sedang menjalani pemeriksaan di RS Kustati untuk menjaga kesehatannya setelah melahirkan.

“Pelaku sedang dirawat di RS dengan penjagaan petugas Polwan,” katanya. (ant/BJ)