Home Lintas Jateng Pekalongan Bongkar 13 Titik Bangunan Liar

Pekalongan Bongkar 13 Titik Bangunan Liar

pembongkaran bangunan liar (dok)

Pekalongan, 16/11 (BeritaJateng.Net) – Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, membongar bangunan liar di 13 titik yang berada pada jalur kawasan hijau dan irigasi sungai.

Kepala Seksi Ketenteraman dan Ketertiban Kecamatan Pekalongan Timur Zaenal Arifin, Sabtu (15/11), mengatakan bahwa saat ini pemkot sedang fokus membongkar bangunan liar sebagai upaya menjaga ketertiban umum dan keindahan lingkungan.

“Kami fokus menertibkan bangunan liar yang berdiri di atas tanah irigasi maupun pinggir sungai. Hal itu sesuai dengan yang diamanatkan Perda Nomor 5 Tahun 2013 tentang Ketertiban Umum,” katanya.

Menurut dia, sebanyak 13 titik yang sudah dipetakan dibongkar itu, berada di tujuh titik Kelurahan Poncol, lima titik di antaranya di Dekoro, dan satu titik di Kauman.

“Beberapa titik di antaranya sudah kami tertibkan, seperti di pinggir sungai Dekoro dan simpadan tanah PJKA. Yang lainnya juga akan dibongkar secepatnya,” katanya.

Selain 13 titik, kata dia, pemkot juga sedang mengevaluasi bangunan liar yang belum dipetakan, seperti di Kelurahan Klego.

“Kami akan petakan dan selesaikan semuanya sehingga pada pertengahan 2015 sudah tidak ada bangunan liar di Kecamatan Pekalongan Timur,” katanya.

Ia mengatakan bahwa keberadaan bangunan liar yang berdiri di atas tanah irigasi maupun jalur hijau tepi sungai itu sudah mengganggu kelancaran aliran air yang bisa mengakibatkan bencana banjir.

“Oleh karena itu, kami akan menegakkan perda. Tujuan perda itu, yaitu memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang aturan tersebut agar meeka tidak lalai mendirikan bangunan rumah secara liar,” katanya. (ant/pri)