Home Lintas Jateng Peduli Lansia, KKN-PPM UPGRIS 2015 Gelar Posyandu Lansia

Peduli Lansia, KKN-PPM UPGRIS 2015 Gelar Posyandu Lansia

DSC02351-1

Pati, 12/9 (BeritaJateng.net) – Kuliah Kerja Nyata – Pengabdian Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas PGRI Semarang membuktikan kepeduliannya terhadap para orang tua lanjut usia dengan menggelar Posyandu Lansia di Balaidesa Gempolsari, kecamatan Gabus, kanupaten Pati, Jawa Tengah.

Bertajuk “Pola Hidup Sehat Lansia bersama KKN-PPM 2015”, kegiatan yang diselenggarakan oleh bidang kesehatan tim KKN-PPM ini melibatkan delapan tenaga medis.

“Tujuannya untuk membentuk pola hidup sehat lansia, sekaligus mengontrol kesehatan para lansia melalui pengobatan gratis,” ujar Ketua Panitia, Anang melalui rilisnya.

Menurut Anang, bukan hanya memberikan penyuluhan dan pengobatan gratis saja, dalam acara tersebut juga turut diresmikan pula program lansia di RW 1 Dukuh Jatisari. Peresmian dilakukan oleh Kepala Desa setempat, Lajiman dan dihadiri sebanyak 40 orang tua lanjut usia.

“Pembentukan posyandu lansia di Jatisari, dilatarbelakangi karena dukuh tersebut belum ada bentukan posyandu untuk para lansia,” tambah Anang.

DSC02331

Penyuluhan disampaikan oleh dokter dari UPT Puskesmas Gabus, Dr. Bertha Gabriela, Dian Yuliani, dan Dr. Satrio, serta dipandu moderator Hari Prabowo.

Acara berlangsung khidmat dan lancar, antusias warga Jatisari sangat luar biasa, hal ini terlihat dari peserta yang datang sebanyak 40 lansia dari 7 RT yang ada di Jatisari.

Acara dilanjutkan dengan pemeriksaan dan pengobatan secara gratis oleh para medis UPT Puskesmas Gabus. Pemeriksaan meliputi tensi, menimbang berat badan, dan pemberian obat.

Dalam pelaksanaan posyandu lansia ini dari panitia menyediakan layanan ojek Lansia. Para lansia dijemput dan diantar pulang oleh panitia sebagai wujud kepedulian mahasiswa terhadap partisipasi para lansia dikarenakan tidak ada yang mengantar ke balaidesa setempat.

“Ojek Lansia merupakan wujud tindakan cepat tanggap kepedulian panitia terhadap para peserta lansia. Ojek lansia juga menjadikan kegiatan unik,” ujar Muhammad Bagus selaku ketua koordinator desa.

Posyandu Lansia merupakan salah satu program kerja KKN PPM UPGRIS 2015 di bidang kesehatan selain program utama beternak bebek sebagai upaya pemberdayaan dan peningkatan penghasilan tambahan warga Gempolsari, kecamatan Gabus, Pati. (Bj)