Home Lintas Jateng Peduli Gempa Sulteng, Aliansi Demak Peduli Aksi Nyata Penggalangan Dana

Peduli Gempa Sulteng, Aliansi Demak Peduli Aksi Nyata Penggalangan Dana

473
0
Peduli Gempa Sulteng, Aliansi Demak Peduli Aksi Nyata Penggalangan Dana

Demak, 7/10 (BeritaJateng.net) – Gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, masih menyisakan duka yang mendalam, bukan hanya bagi warga terdampak musibah, namun juga bangsa Indonesia.

Sudah lebih dari satu pekan, warga disana menderita, pasca gempa berkekuatan 7.4 Skala Richter yang telah memporak porandakan pemukiman warga dan meluluh lantakan sejumlah bangunan dan infrastruktur yang ada.

Korban dan kerugian terus bertambah. Memilukan setiap insan, mengetuk nurani agar bergerak dan berupaya meringankan musibah yang menimpa saudara kita disana.

Semuanya bergerak. Dari sabang sampai merauke, bahu membahu memberikan bantuan untuk warga terdampak korban gempa. Termasuk simpati dan empati dari Aliansi Peduli Demak.

Aliansi yang terdiri dari Masyarakat Relawan Indonesia ACT wilayah Demak, Paguyuban Mas-Mbak Demak, Panser Biru Pantura, Komunitas Omah Harapan (KOHD), Komunitas Henna, HMI Demak, Slank FC, Komunitas Lindung Hutan, IMADE, PNM Mekar, Gerakan Nasional Anti Narkotika Demak, Lesti Lovers Demak, Komunitas Pencinta Alam, Komunitas Pencinta Reptil serta komunitas lainnya itu, melakukan aksi penggalangan dana di kawasan Simpang Enam Demak, Minggu (7/10/2019).

“Kami bersatu dalam aksi penggalangan dana ini, sebagai bentuk rasa solidaritas sesama anak bangsa,” kata Haryanto, Ketua KOHD.

Penggalangan dana tersebut dilakukan dengan berkeliling dibeberapa titik, antara lain sekitar alun-alun Demak, pasar krempyeng, kawasan pecinan, sejumlah perempatan lampu merah dan Pasar Bintoro Demak.

“Alhamdulillah, aksi serentak hari ini dapat terkumpul donasi Rp 21.289.200. Bukan hanya uang, donasi dalam bentuk sembako akan terus berlanjut kedepanannya,” ujarnya.

Penggalangan dana oleh Aliansi Demak Peduli kali ini menjadi awal kepedulian masyarakat Demak, yang diharapkan dapat berlanjut dan merekatkan hubungan antar komunitas Demak.

“Silaturahmi setiap komunitas yang ada, harus kita jaga. Saling merekatkan persaudaraan dan meningkatkan kepedulian yang kita miliki bersama. Semoga persaudaraan ini terus terjalin dan berlanjut kedepannya, bukan hanya saat terjadi gempa Sulteng saja,” pungkas Haryanto yang juga Advokat LBH Demak Raya. (El)