Home Ekbis Pedagang Pasar Bulu Ogah Jualan di Pasar Baru

Pedagang Pasar Bulu Ogah Jualan di Pasar Baru

Lapak pedagang digelar di luar pasar baru

Lapak pedagang digelar di luar pasar baru

Semarang, 6/2 (BeritaJateng.Net) – Para pedagang yang sudah menempati didalam bangunan pasar Bulu bersiap kabur dan kembali membuka lapaknya di jalan Jayengan. Beberapa pedagang juga telah menggelar berkakas lapak di lokasi jalan tersebut.

Dari pantauan dilapangan, terlihat puluhan perkakas lapak para pedagang yang sudah berjajar di lokasi halaman belakang pasar Bulu. Diduga lapak ini milik pedagang pancakan yang berjualan di basement lantai parkiran dalam bangunan pasar Bulu.

Pedagang Pancakan, Sri Sumiyati (46) mengaku, lapak serta berkakas yang berada di luar bangunan pasar Bulu merupakan milik para perdagang didalam pasar Bulu itu sendiri. Menurutnya, lapak itu sengaja di persiapkan pada tempat tersebut dengan alasan tidak mau dipindah ke lantai 3 pasar Bulu.

“Sebelumnya, para pedagang yang berada dilantai parkiran ini mendengar kabar akan dipindah lagi ke halaman belakang bangunan pasar. Sehingga pedagang langsung berebutan menata tempat di situ. Tapi kami juga tidak tahu nantinya seperti apa,” ungkapnya.

Hal sama juga diungkapkan, Endang (51) mengakui rencana pemindahan pedagang dari lantai parkir ke lokasi halaman belakang pasar dikarenakan para pedagang pancakan yang berada dalam lantai parkiran lebih menguntungkan.

Sehingga banyak pedagang yang berjualan didalam bangunan lanati 1 dan lantai 2 ikut jualan di lantai parkiran.

“Sehingga dilantai atas menjadi sepi. Sebab ada juga pedagang dilantai itu yang berjualan dibawah. Tapi saya dengar-dengar para pedagang dilantai parkiran malah dipindah ke lantai 3,” terangnya.

Sementara, Kepala Dinas Pasar Trijoto Sardjoko mengakui para pedagang yang berjualan dilantai parkiran akan segera dipindah kedalam bangunan pasar Bulu di lantai 3. Menurutnya, hal ini disebabkan banyaknya pedagang yang tidak tertib pada peraturan yang berlaku.

“Ternyata para pedagang yang jualan diparkiran tidak tertib. Harusnya mereka jualan mulai pukul 02.00 hingga jam 07.00 pagi. Tapi kenyataan dilapangan tidak seperti itu. Mereka tetap jualan lebih dari jam 07.00 pagi,” ujarnya.

Pihaknya mengakui, rencana pemindahan pedagang di lantai parkiran ke lantai 3 dalam bangunan pasar Bulu juga telah dilakukan sosialisasi sebelumnya. Selain memberikan surat, petugas juga telah melakukan sosialisasi pengumunan langsung para pedagang tersebut.

“Hari  ini kami juga telah memberikan surat sosialisasi ini. Bahkan, dari petugas juga telah mengumumkan langsung kepada pedagang. Kami juga memberi tenggang waktu kepada pedagang hingga Sabtu ini supaya memiliki kesadaran untuk segera pindah ke lantai 3,” paparnya.

Pihaknya menambahkan, Dinas Pasar juga akan mengambil tindakan tegas kepada para pedagang yang masih berjualan di parkiran lantai bawah hingga batas akhir waktu yang telah disosialisasikan.

“Kami juga tidak segan-segan menindak tegas pada pedagang yang masih nekat berjualan di parkiran hingga batas waktu yang ditetapkan. Sebab, kami juga telah berkoordinasi dengan Satpol PP untuk melakukan penertiban,” pungkasnya. (BJ05)