Home DPRD Kota Semarang Pedagang Barito-Rejosari Segera Pindah Ke Pasar Klithikan, Hari Ini Pengundian Lapak

Pedagang Barito-Rejosari Segera Pindah Ke Pasar Klithikan, Hari Ini Pengundian Lapak

387
0
Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto meninjau pasar-pasar tradisional di Semarang
          Semarang, 3/1 (BeritaJateng.net) – Dinas Perdagangan Kota Semarang melakukan pengundian tempat kios untuk para PKL (Pedagang Kreatif Lapangan) Rejosari – Barito yang berjualan aksesoris kendaraan dan onderdil kendaraan roda dua ke Pasar Klithikan Penggaron Kecamatan Pedurungan.
         “Hari ini dilakukan sosialisasi untuk para PKL di kawasan bantaran Banjir Kanal Timur (BKT) khususnya para PKL onderdil kendaraan roda dua Rejosari, sekalian undian tempat lapak dan kios,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto.
         Menurutnya, sosialisasi terakhir para PKL ditindaklanjuti dengan pembagian kunci setelah dilakukan undian penempatan. “Begitu undian selesai maka masing-masing para PKL langsung diberikan kunci untuk tempat kios sesuai dengan zona-zona PKL,” tambah Fajar.
         Sosialisasi para PKL khususnya penjual onderdil kendaraan atau aksesoris kendaraan roda dua yang terkenal dengan nama PKL Rejosari, kata Fajar, digelar di Balai Kelurahan Rejosari, mulai pagi.
         Setelah pembagian kunci, tambah Fajar, maka para PKL tinggal melanjutkan pemindahan dari kawasan Barito ke Pasar Klithikan Penggaron, sehingga nanti sesuai dengan jadwal tanggal 5 januari para PKL Rejosari yang memulai awal pemindahan dari bantaran BKT ke Pasar Klithikan Penggaron.
          Selanjutnya, nanti akan diikuti dengan para PKL-PKL lainnya di sepanjang bantaran BKT. “Kalau mereka yang tinggal di bantaran BKT memiliki usaha PKL maka, mereka akan direlokasi menempati Pasar Klithikan Penggaron Kecamatan Pedurungan,” katanya.
           Dikatakan Fajar, jumlah PKL Rejosari tersebut ada 188 PKL, kita tinggal singkronisasi, izin dasaran. PKL Rejosari ada beberapa kelompok. Prinsip PKL Rejosari dari Blok I sampai Blok VI, mereka sudah siap direlokasi
Terealisasi
         Sementara itu, DPRD Kota Semarang berharap agar proses pemindahan para PKL yang berjualan aksesoris kendaraan dan suvenir kendaran roda dua di Rejosari atau kawasan Barito segera terealisasi dengan baik dan lancar.
          “Mudah-mudahan proses pemindahan para PKL ke Pasar Klithikan Penggaron di Kecamatan Pedurungan terlaksana dengan baik. Pemkot Semarang agar bisa memfasilitasi angkutan buat pemindahan,” kata Ketua Komisi B DPRD Kota Semarang Agus Riyanto Slamet.
         Ia mengatakan bahwa, sarana dan prasarana di Pasar Klithikan Penggaron sudah siap semua. Maksudnya, tempat dasaran, kios-kios, MCK, lahan parkir dan lain-lain, sudah siap pakai, tinggal diisi para PKL untuk buka usaha.
          Dikatakan, Pemkot  perlu mengupayakan bantuan truk untuk memudahkan membawa barang-barang milik PKL, atau Pemkot perlu menyewakan truk untuk memperlancar pemindahan para PKL dari kawasan Barito ke Pasar Klithikan Penggaron.
          Kemudahaan untuk pemindahan para PKL di kawasan bantaran Banjir Kanal Timur (BKT), kata Agus, juga merupakan bagian keguyuban antara Pemkot Semarang dengan para PKL sehingga akan memudahkan kelancaran pemindahan PKL di kawasan BKT ke Pasar Klithikan Penggaron.  (Bj/El)