Home DPRD Kota Semarang PDIP Usulkan Tiga Nama Calon Ketua DPRD Baru

PDIP Usulkan Tiga Nama Calon Ketua DPRD Baru

380
Gladi Bersih Pelantikan DPRD Kota Semarang.

Semarang, 12/8 (BeritaJateng.net) – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengusulkan tiga calon nama Ketua DPRD Kota Semarang. Ketiga nama tersebut adalah Kadarlusman yang sekarang menjabat Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP, Bendahara DPC PDIP Rukiyanto, dan Joko Susilo yang merupakan Ketua Pengurus anak cabang PDIP Semarang Barat.

Ketiganya merupakan hasil rekomendasi dari DPC PDIP Kota Semarang. Partai berlambang banteng bermoncong putih tersebut, berhak mengisi posisi Ketua DPRD Kota Semarang, karena menjadi partai pemenang Pileg 2019.

’’Saya termasuk salah satu calon Ketua DPRD yang diusulkan DPC PDIP Kota Semarang. Sebelum penentuan Ketua DPRD, saya juga dicalonkan untuk mengisi jabatan Pimpinan Sementara. Sama seperti jabatan Ketua DPRD, yang berhak mengisi Pimpinan Sementara juga harus berasal dari partai pemenang Pileg 2019,’’ ujar Sekretaris DPC PDIP, Kadarlusman, yang akrab disapa Pilus, Senin.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Semarang masa jabatan 2014 hingga 2019, Supriyadi, tidak bisa dicalonkan lagi, karena adanya aturan yang mengikat dari kepartaian.

Menurut Pilus, itu karena yang bersangkutan telah menduduki posisi Ketua DPRD selama dua masa jabatan berturut-turut. Ini sesuai peraturan DPP PDIPNo 27, yang menyebutkan, bagi yang sudah menjabat sebagai pimpinan yang berada di bawah naungan kepartaian selama dua kali berturut- turut, maka tidak boleh diusulkan kembali.

’’Adapun untuk pembagian jabatan di komisi dan alat kelengkapan dewan yang lainnya, baru akan ditentukan setelah pelantikan nanti,’’ ungkap dia.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Kota Semarang, Suharsono, mengatakan partainya menduduki posisi tiga besar perolehan suara pada Pileg 2019. Untuk itu berhak mendapatkan posisi sebagai salah satu Wakil Ketua DPRD Kota Semarang.

Hal itu berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang telah direvisi dengan UU Nomor 9 Tahun 2015. ’’Pasal 164 menyebutkan bahwa Pimpinan DPRD yang terdiri atas Ketua dan tiga Wakil Ketua harus berasal dari partai politik (Parpol) dengan perolehan kursi terbanyak 1, 2, 3, dan 4. Selain PKS, dua parpol lainnya yang akan mengisi Wakil Ketua DPRD yaitu dari Gerindra dan Demokrat,’’ ujar dia.

Adapun PKS masih menggodok nama yang akan mengisi jabatan Wakil Ketua DPRD Kota Semarang. Ini karena mekanisme di PKS, nama yang muncul harus diajukan terlebih dulu ke tingkat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP). ’’Kalau di PKS mekanisme memang seperti itu. DPWdan DPP ikut menentukan nama yang akan menjabat menjadi Wakil Ketua Dewan,’’ tambah dia. (El)