Home Lintas Jateng PDIP Solid Hadapi Pilkada Magelang

PDIP Solid Hadapi Pilkada Magelang

463

pdip

Magelang, 18/1 (BetitaJateng.net) – Pimpinan dan para kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kota Magelang, Jawa Tengah, tetap menjaga soliditas mereka dalam menghadapi pemilihan kepala daerah mendatang, kata Ketua DPC PDIP Kota Magelang H Y Endi Dharmawan.

“Kami di seluruh jajaran tetap menjaga soliditas untuk menghadapi pilkada mendatang,” katanya di Magelang, Minggu.

Ia mengatakan pembukaan penjaringan calon kepala daerah yang akan diusung PDIP setempat pada pilkada mendatang, dilakukan dalam waktu dekat.

Pihaknya telah mengambil keputusan untuk bersikap terbuka terhadap siapa saja yang akan maju dalam pilkada melalui partai tersebut.

“Untuk kader terbaik dan mereka yang dari luar kader yang memang layak dan pantas untuk diusung, kami terbuka. Jumlah pendaftar juga tidak kami batasi,” kata Endi yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Magelang itu.

Ia menjelaskan keputusan tentang figur yang akan diusung PDIP Kota Magelang dalam pilkada mendatang menjadi kewenangan DPP PDIP.

“Kami hanya bertugas melakukan penjaringan, sedangkan hasilnya kami laporkan kepada DPP untuk diputuskan,” katanya.

Saat Pemilu 2014, partai itu menjadi pemenang dengan menempatkan kader terbanyak, tujuh orang, di lembaga legislatif. Total jumlah anggota DPRD setempat 25 orang.

Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Magelang Sallafudin mengatakan pihaknya harus berkoalisi dengan parpol lainnya untuk bisa mengusung calon dalam pilkada mendatang. Kader partai itu yang duduk di DPRD setempat berjumlah dua orang.

Pihaknya masih menunggu hasil pembahasan menyangkut Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Daerah yang dilakukan DPR RI di Jakarta.

“Kami tetap masih menunggu perppu,” kata Sallafudin yang juga anggota dewan setempat.

Partainya, katanya, akan menggelar rapat kerja cabang untuk memutuskan koalisi dan mengusung calon pada pilkada mendatang.

Pada kesempatan terpisah, Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron mengatakan pilkada setempat dianggarkan sekitar Rp4,4 miliar.

“Melalui APBD sudah disiapkan anggaran pilkada, namun tahapan dan pelaksanaan pilkada, tetap harus menunggu hasil pembahasan perppu,” katanya.

Jabatan Sigit Widyonindito sebagai wali kota dan Joko Prasetyo selaku wakil wali kota setempat akan berakhir pada Agustus 2015. Sesuai dengan ketentuan semula, pemilihan harus dilaksanakan pada Juni 2015 atau dua bulan sebelum masa jabatan berakhir.

Sebanyak 16 daerah di Jateng yang rencananya melaksanakan pilkada pada 2015, adalah Kota Pekalongan, Kota Semarang, Kabupaten Rembang, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen, Kota Surakarta, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Kendal, Kota Magelang, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Semarang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Blora. (Ant/BJ)