Home News Update PDIP Gelar Uji Kelayakan Calon Ketua DPC

PDIP Gelar Uji Kelayakan Calon Ketua DPC

pdip

Kendari, 8/2 (BeritaJateng.net) – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sulawesi Tenggara menggelar uji kelayakan para calon ketua dewan pimpinana cabang (DPC) PDIP kabupaten dan kota se-Sultra.

Ketua DPD PDIP Sultra, Hugua di Kendari, Minggu, mengatakan uji kelayakkan calon ketua DPC tersebut dilakukan agar PDIP dapat dipimpin oleh kader yang benar-benar memahami ideologi partai.

“Makanya, materi pokok yang diujikan dalam uji kelayakkan ini menyangkut pengetahuan dan pemahaman calon ketua terhadap ideologi partai,” katanya.

Ia mengatakan ideologi PDIP dikenal dengan triksati, yakni berdaulat dalam politik, mandiri dalam ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan bangsa.

Menurut dia, selain ideologi partai pada uji kelayakkan tersebut, para calon ketua DPC juga diujikan dengan berbagai pengetahuan, terutama tentang empat pilar kebangsaan.

Keempat pilar kebangsaan tersebut, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Empat pilar kebangsaan ini sangat penting dipahami seluruh calon ketua DPC PDIP, sehingga ketika menjalankkan tugas sebagai ketua di tingkat kabupaten dan kota bisa mengedepankan keutuhan bangsa dalam bingkai NKRI,” katanya.

Menurut dia, hasil dari uji kelayakkan para calon ketua DPC PDIP kabupaten dan kota se-Sultra tersebut akan disampaikan kepada pengurus DPP PDIP di Jakarta, dan nantinya akan diterbitkan surat penetapan ketua-ketua DPC PDIP kabupaten dan kota se-Sultra.

“Siapa pun nanti yang ditetapkan DPP PDIP sebagai ketua DPC PDIP di masing-masing kabupaten dan kota, bagi semua kader PDIP harus menerimanya dengan lapang dada dan mendukungnya untuk kemajuan partai di masa depan,” katanya.

Menurut dia, calon ketua DPC PDIP yang mengikuti uji kelayakkan tersebut terdiri dari calon ketua DPC PDIP 15 kabupaten dan dua kota di Sultra. (ant/BJ)