Home Lintas Jateng PDIP Dorong Kader Jaring Calon Wali Kota

PDIP Dorong Kader Jaring Calon Wali Kota

pdip

Magelang, 21/1 (BeritaJateng.net) – Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kota Magelang, Jawa Tengah, mendorong jajaran kader hingga tingkat ranting untuk ikut menjaring para tokoh agar mendaftarkan diri sebagai calon kepala daerah setempat pada pilkada mendatang.

“Sistem kami di PDIP terbuka. Sistem penjaringan melalui pintu PAC dan ranting, kami beri kesempatan kader di bawah ikut menjaring, kemudian mereka menjaring, lebih mendorong kader-kader PDIP, meskipun tidak menuntup kemungkinan menjaring tokoh masyarakat di lingkungannya,” kata Sekretaris DPC PDIP Kota Magelang Suharyanto di Magelang, Rabu.

Partai itu telah membuka penjaringan calon kepala daerah yang hendak diusung pada Pilkada Kota Magelang, yang secara serentak bersama daerah lain di seluruh Indonesia menyelenggarakan pemilihan pada Desember 2015.

Penjaringan calon melalui PDIP Kota Magelang telah dibuka sejak Senin (19/1) hingga Sabtu (24/1), mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB dan pukul 18.30 hingga 21.00 WIB, di kantor partai tersebut di Jalan R. Suprapto Nomor 3 Kota Magelang.

Ia mengatakan hingga saat ini, satu orang, bernama Eddy Sutrisno, telah mengambil formulir pendaftaran calon melalui partai itu. Eddy yang pengelola Rumah Sakit Lestari Raharja Kota Magelang itu, juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Magelang, mantan Anggota DPRD Kota Magelang (2010-2014), dan mantan pengurus DPC Partai Demokrat Kota Magelang.

“Yang terjaring oleh kader lalu dilaporkan secara berjenjang ke DPC untuk didaftarkan. Sejauh ini belum ada informasi lagi yang akan mengambil formulir pendaftaran untuk mengikuti penjaringan pada hari ini (21/1),” katanya.

Ia menjelaskan siapa saja yang mendaftar mengikuti pilkada setempat melalui parpol tersebut, akan dilaporkan ke DPP PDIP di Jakarta.

“Kami akan melaporkan ke DPP, siapa saja yang mendaftar AA1 (calon wali kota, red) dan AA2 (calon wakil wali kota), akan kami laporkan ke DPP, yang menentukan DPP,”katanya.

Eddy membenarkan telah mengambil formulir pendaftaran untuk mengikuti tahap penjaringan calon wali kota setempat melalui PDIP Kota Magelang. Saat ini, dirinya sedang mengisi formulir tersebut dan melengkapi berbagai berkas persyaratan, sedangkan rencananya memasukkan berkas pendaftaran itu pada Sabtu (24/1) pukul 19.00 WIB.

Sejak Desember 2014, dirinya keluar dari Demokrat dan selanjutnya mulai awal Januari 2015 sudah masuk ke PDIP.

“Anggapannya ‘kembali ke kandang’, keanggotaan saya sedang diproses dan bisa diterima,” katanya.

Ia menilai proses penjaringan calon wali kota setempat melalui PDIP sebagai berjenjang dan terbuka, dengan mengedepankan kapabilitas dan kapasitas figur yang akan diusung parpol tersebut pada pilkada mendatang.

“Di situ menjadi penilaian saya, akan menghasilkan calon yang kapabel dan kredibel. Kapabilitas dan kredibilitas calon dites di DPP. Ini pembelajaran partai politik tentang rekrutmen, karena prosedur rektrutmen betul-betul dilaksanakan dengan proses bertahap dan pengujian di DPP akan menghasilkan calon yang andal,” katanya. (ant/BJ)