Home News Update PDI Perjuangan Tak Gentar Lawan Koalisi Delapan Parpol

PDI Perjuangan Tak Gentar Lawan Koalisi Delapan Parpol

image

Semarang, 5/7 (BeritaJateng.net) – Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Semarang menyatakan kesiapannya untuk menghadapi koalisi besar pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang 2015.

“Apabila memang terjadi koalisi besar, kami sudah memperhitungkan sejak awal,” kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Kota Semarang Supriyadi di Semarang, Minggu malam.

Hal itu diungkapkannya menanggapi delapan partai politik (parpol) di Kota Semarang yang menggagas untuk membangun koalisi besar menghadapi PDI Perjuangan pada Pilwakot Semarang 2015.

Delapan parpol itu, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Golkar, Demokrat, Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Nasdem, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Supriyadi menegaskan PDI Perjuangan harus siap dengan kondisi apapun dengan rekomendasi calon yang diusung pada Pilwakot Semarang 2015 yang sudah turun jauh-jauh hari dibanding parpol lain.

“Berarti, kami lebih siap dari mereka. Sebab, sampai saat ini pun mereka (parpol lain, red.) belum ada kepastian calon yang akan diusung,” kata Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang itu.

Ia mengatakan PDI Perjuangan sudah bergerak untuk melakukan konsolidasi sampai tingkat bawah dan bersosialisasi dengan masyarakat setiap hari di saat parpol lain masih dalam tahap penjajakan.

“Walaupun nanti terjadi ‘head to head’ pada Pilwakot Semarang 2015, kami akan lebih siap lagi,” kata Supriyadi yang juga Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang itu.

Sesuai rekomendasi DPP PDI Perjuangan, Hendrar Prihadi (incumbent) akan diusung PDI Perjuangan berpasangan dengan Hevearita Gunaryanti Rahayu (Ita) sebagai calon wali kota dan wakil wali kota.

“Kami sudah jalan melakukan konsolidasi ke kelompok-kelompok masyarakat, struktural, sampai dengan tingkat bawah. Kami tidak gentar menghadapi koalisi besar,” kata Ketua Tim Pemenangan Hendi-Ita itu.

Sebelumnya, delapan parpol menggagas untuk membangun koalisi besar menghadapi PDI Perjuangan pada Pilwakot Semarang 2015 pada kegiatan buka bersama yang berlangsung di Kantor DPC PKB Kota Semarang.

Para pimpinan delapan parpol hadir dalam kegiatan buka bersama, Sabtu (4/7), yang digelar PKB Kota Semarang, kecuali PDI Perjuangan, termasuk sejumlah bakal calon wali kota dan wakil wali kota.

Dua koalisi yang sudah terbangun, yakni Koalisi Tugu Muda (PKS, Golkar, dan Demokrat), serta Koalisi Garuda-Matahari yang dibangun Gerindra-PAN juga menyatakan kesiapannya membangun koalisi besar.(BJ05)