Home Lintas Jateng PDI P Solo tak Gentar Hadapi Parpol Koalisi

PDI P Solo tak Gentar Hadapi Parpol Koalisi

Ahmad Purnomo2

SOLO, 25/3 (BeritaJateng.net) – Suhu politik jelang pemilihan Walikota Solo, Desember mendatang kian semarak. Koalisi enam partai besar akan mengganjal langkah PDI-P dalam pemilihan mendatang.

Enam koalisi partai yang tergabung dalam Koalisi Solo Bersama  (KSB) berisikan Partai Gerindra, Golkar, PKS, Demokrat, PAN, dan PPP sudah sepakat berkoalisi, tinggal  MOU saja.
 
Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo menyebutkan bahwa dengan adanya koalisi  enam partai tersebut, justru menunjukkan demokrasi khususnya di  Solo semakin hidup. 
 
“Saya menyambut baik dan setuju saja dengan adanya koalisi enam partai tersebut. Itu menunjukkan bahwa pesta demokrasi di Solo hidup,” jelasnya ketika ditemui wartawan, di ruang kerjanya, Rabu (25/3/2015).
  
Menurut Achad Purnomo jika dihitung berdasarkan perolehan kursi di DPRD Solo, PDI Perjuangan mendapatkan kursi terbanyak. Dimana dari 45 kursi, PDI Perjuangan mendapatkan 24 kursi. Di tambah 1 kursi dari Hanura. Sedangkan sisanya  bergabung  di KSB. 

“Secara hitungan memang PDI Perjuangan lebih dominan, namun perlu diingat itu semua tergantung figur calon pemimpinya siapa dan seperti apa. Belum tentu partai yang mendapatkan kursi terbanyak menjadi pemenang di Pilkada,” lanjut.

Sampai saat ini siapa  bakal calon (balon) Walikota dan Wakil Walikota Solo belum diketahui. Masih dalam tahap penggodogan. Yang jelas dari PDIP Solo sudah mengajukan dua nama calon Walikota yakni  FX. Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo. Dimana keduanya sampai saat ini masih menjabat sebagai Walikota dan Wakil Walikota Solo. 

Menanggapi belum keluarnya nama yang akan mendapat rekomendasi untuk maju dalam pemilihan Walikota Solo,  Achmad Purnomo mengatakan meski nanti bukan dirinya yang terpilih, pihaknya akan tetap membantu. 

“Sebagai kader partai, saya dan pak Rudi sudah sepakat siapapun yang dapat rekomendasi akan saling membantu,” tegasnya. 

Selain itu santer beredar kabar bahwa bahwa  KSB sudah mengusung dua nama sebagai calon Walikota dan Wakil Walikota yang akan diusung. Yakni Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Bapermas P3A dan KB) Solo Anung Indro Susanto, sedangkan nama calon Walikota yakni Iskandar Zulkarnain salah satu  mantan Direktur sebuah bank di kota Solo. (BJ24)

Advertisements