Home Ekbis PDAM Tirta Moedal Mampu Lunasi Utang Dengan Catatan Penghapusan Bunga

PDAM Tirta Moedal Mampu Lunasi Utang Dengan Catatan Penghapusan Bunga

PDAM

Semarang, 3/6 (BeritaJateng.net) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal Semarang mengaku dapat melunasi hutang pada Negara sebesar dengan jangka waktu tujuh tahun, namun dengan catatan ada penghapusan bunga.

“Sebenarnya total tanggungan utang PDAM Tirta Moedal Semarang kepada Negara adalah Rp. 114  miliar, namun utang non pokok dan bunga menyebabkan beban utang PDAM semakin membengkak hingga Rp. 400 miliar,” ungkap Dio Hermansyah Ketua Dewan Pengawas PDAM Tirta Moedal Semarang, Rabu.

Menurutnya, meskipun masih memiliki beban utang yang terhitung banyak, namun pihaknya berjanji akan terus melakukan efisiensi dan efektivitas kinerja diantaranya dengan menambah jumlah pelanggan, menekan tingkat kehilangan air serta memperbaiki sarana fasilitas dan menjaga kualitas air.

“PDAM sudah mengajukan penjadwalan ulang pembayaran utang pokok. Jika direspon dan di kabulkan pusat, maka kami siap membayar dan melunasinya bahkan dengan jangka tujuh tahun minimal. Sedangkan utang non pokok dan bunga, kami minta pada pemerintah pusat untuk dihapuskan,” katanya.

Ia menjelaskan, upaya pelunasan utang pokok dapat dibayarkan dengan hasil pendapatan dari pelanggan PDAM, serta pemanfaatan asset milik PDAM yang masih tersebar di beberapa wilayah. (Bj05)