Home News Update PBSI Magelang Gelar Pelatihan Wasit

PBSI Magelang Gelar Pelatihan Wasit

Magelang, 12/12 (Beritajateng.net) – Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menggelar pelatihan wasit untuk meningkatkan kemampuan dan penguasaan teknis mereka dalam memimpin pertandingan olahraga tersebut.

Ketua PBSI Kabupaten Magelang Suwarsa di Magelang, Jumat, mengatakan kegiatan yang rencananya pada 27-28 Desember 2014 di Gedung Olah Raga (GOR) Desa Mertoyudan itu, untuk memenuhi ketentuan PBSI pusat terkait dengan kaderisasi wasit.

“Kami membatasi jumlah peserta yang akan mengikuti pelatihan tersebut, hanya 40 orang,” katanya.

Ia menjelaskan upaya mewujudkan pola pembinaan bulutangkis secara ideal perlu memperhatikan sejumlah hal, antara lain memiliki pelatih dan wasit yang baik, sarana dan prasarana pelatihan yang sesuai standar organisasi cabang olahraga tersebut.

“Kalau ketentuan itu bisa dipenuhi, kami optimistis mampu melahirkan para atlet bulutangkis yang potensial dan bisa diandalkan menorehkan prestasi terbaik,” katanya.

Beberapa waktu lalu, pihaknya juga melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan kualitas para pelatih bulutangkis di daerah setempat.

Selain itu, katanya, berbagai kejuaraan bulutangkis tingkat kabupaten setempat juga sudah rutin diselenggarakan PBSI Kabupaten Magelang.

“Peningkatan profesionalisme wasit kami selenggarakan tahun ini,” katanya.

Ia mengemukakan pelatihan untuk para wasit menjadi kebutuhan penting sehingga pertandingan yang dipimpin mereka menjadi bermutu.

Masyarakat, terutama yang memiliki perhatian serius terhadap peningkatan cabang olahraga bulutangkis di daerah setempat, yang tertarik untuk mengikuti kegiatan tersebut, katanya, mendapat kesempatan untuk mendaftarkan diri.

Pendaftaran di Sekretariat PBSI Kabupaten Magelang di Jalan Soekarno-Hatta Pangonan, Desa Deyangan, Kota Mungkid, Kabupaten Magelang. Pendaftaran telah dibuka sejak 10 Desember dan akan berakhir pada 25 Desember 2014.

“Karena waktunya terbatas dan jumlah instruktur yang terbatas juga, kami membatasi pelatihan hanya untuk 40 orang,” katanya.

Peserta, katanya, akan dilatih oleh instruktur wasit yang berpengalaman dari PBSI Jawa Tengah, sedangkan mereka yang lulus mendapatkan sertifikat wasit dari PBSI.

“Dan akan menjadi wasit untuk kejuaraan bulutangkis baik di Kabupaten Magelang maupun daerah sekitarnya,” kata Suwarsa.(ant/pj)