Home Hukum dan Kriminal Patroli Cegah Curanmor di Sawah Saat Musim Panen

Patroli Cegah Curanmor di Sawah Saat Musim Panen

329
Patroli Cegah Curanmor di Sawah Saat Musim Panen

Blora, 31/5 (BeritaJateng.net) – Meskipun delapan puluh persen tugas kepolisian di alihkan pada tugas kemanusiaan penanganan covid – 19, Polsek Kunduran Polres Blora, Polda Jawa Tengah, tidak mau underestimate dengan situasi yang ada. Tugas kepolisian dalam antisipasi tindak kejahatan tetap dilaksanakan.

Salah satunya adalah patroli dan penjagaan, seperti yang dilakukan oleh regu patroli Polsek Kunduran, Minggu, (31/05/2020). Melakukan patroli menyisir pemukiman penduduk serta blusukan ke persawahan di wilayah setempat.

Berawal dari pengamatan anggota, terutama Bhabinkamtibmas, dimana ditemukan banyak kendaraan bermotor milik warga yang diparkir di pinggir pinggir jalan dan ditinggalkan pemiliknya untuk panen padi di sawah, disitulah muncul kerawanan pencurian kendaraan bermotor.

Kapolsek Kunduran Iptu Lilik Eko Sukaryono,SH mengungkapkan bahwa patroli dengan sasaran persawahan adalah untuk antisipasi curanmor disawah.

“Lebih baik mencegah daripada mengobati, anggota patroli kesawah dengan tujuan mencegah curanmor, sekaligus menghimbau warga agar hati hati dalam parkir kendaraannya,” ucap Iptu Lilik.

Sarto, salah satu warga desa Jagong Kunduran mengaku senang dengan adanya patroli polisi di sawah. “Tadi sempat kaget, kok ada polisi ke sawah, ternyata mengingatkan warga agar waspada dalam parkir kendaraan,” ucap Sarto.

Kapolsek Kunduran membeberkan bahwa pihaknya selalu mendorong anggotanya agar aktif dalam kegiatan masyarakat, selain dalam tugas kepolisian menjaga kamtibmas, tugas tambahan anggota Polri adalah mengajak masyarakat menaati prosedur kesehatan terkait virus corona.

“Selain tugas kepolisian, anggota juga membawa misi kemanusiaan, yaitu tugas untuk antisipasi penyebaran virus covid – 19,” ujar Kapolsek Kunduran. (El)