Home Lintas Jateng Pati Urutan 10 Tuberkulosis di Jateng

Pati Urutan 10 Tuberkulosis di Jateng

image

Pati, 25/3 (Beritajateng.net) – Kabupaten Pati masuk urutan kesepuluh dalam kasus penyakit tuberkulosis (TB) kabupaten/kota lain di Jawa Tengah, yang tergolong masih cukup tinggi.

“Kami berharap tenaga medis dan komite kesehatan untuk serius menanggapi masih tingginya kasus TB di Pati,” kata Bupati Pati Haryanto di Pati, Rabu.

Menurut dia, tenaga medis dan komite kesehatan merupakan ujung tombak dalam menanggulangi berbagai penyakit, termasuk TB.

Ia bertekad, untuk memutuskan siklus perkembangan penyakit Tuberculosis di Kabupaten Pati.

Apalagi, lanjut dia, kasus tersebut mulai muncul sejak beberapa tahun yang lalu sehingga harus ada tindakan.

“Mudah-mudahan ini jadi titik tolak untuk serius memeranginya,” uajrnya.

Ia juga mengajak masyarakat di Kabupaten Pati untuk ikut serta memeranginya dengan membiasakan diri menjalani hidup bersih dan sehat.

“Kami yakin, TB dapat dicegah dan diobati,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Balai Kesehatan Paru Masyarakat (BKPM) Wilayah Pati mengungkapkan, pada tahun 2014 menemukan sebanyak 401 kasus Tuberculosis.

Dari jumlah tersebut, kata dia, sebanyak 11 orang yang merupakan warga Pati dinyatakan positif Multidrug-resistant tuberculosis (MDR TB).

“Hal itu merupakan sebutan bagi mereka yang putus berobat Tuberculosis sehingga menjadi kebal obat dan butuh terapi yang lebih lama,” ujarnya.

Meskipun demikian, kata dia, pasien tuberculosis di Kabupaten Pati tidak perlu khawatir karena penyakit tersebut masih bisa diobati.

Untuk biaya pemeriksaannya, kata dia, tergolong murah karena ada subsidi dari Pemprov Jateng.

Ia mencontohkan, pemeriksaan lengkap dengan peralatan modern hanya Rp100 ribu.(ant/Bj)