Home Lintas Jateng Pasca Putusan MK, KPU Demak Tambah Dua Anggota PPK

Pasca Putusan MK, KPU Demak Tambah Dua Anggota PPK

667
0
Pasca Putusan MK , KPU Demak Tambah Dua Anggota PPK

Demak, 22/11 (BeritaJateng.net) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak, merekrut dua orang untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2019.

Sebelumnya pada Pemilihan Gubernur Jateng 2018 lalu, jumlah PPK hanya tiga orang saja.

Penambahan dua anggota PPK tersebut, berdasarkan instruksi dari KPU Republik Indonesia nomor 1373/PP.05-SD/01/KPU/XI/2018, tanggal 5 November 2018, perihal surat edaran tentang proses penambahan jumlah anggota PPK pada pemilu tahun 2019 pasca putusan MK nomor 31/PUU-XVI/2018.

“Jadi, untuk membantu kita pada Pemilu 2019 nanti, jumlah anggota PPK ada lima orang,” kata Bambang Setya Budi, Ketua KPU Demak.

Awalnya, sesuai amanah Undang – undang nomor 7 tahun 2017 jumlah anggota PPK adalah tiga orang, setelah adanya putusan MK dan instruksi KPU RI, maka KPU Demak menambah jumlah anggota PPK.

“Adapun tahapan pengisian anggota PPK pada pemilu tahun 2019, sesuai petunjuk KPU RI dilaksanakan mulai tanggal 10 sampai 20 November 2018,” lanjut Bambang.

Mekanisme perekrutan dua anggota PPK tambahan tersebut, sambung Bambang , dilakukan KPU Demak dengan cara melakukan verifikasi terhadap tujuh orang calon PPK Pilgub Jateng 2018 lalu yang masuk dalam peringkat sepuluh besar.

“Setelah verifikasi administrasi, dari 81 orang calon anggota PPK yang lolos , hanya 70 orang saja yang mengikut wawancara pada tanggal 20 Nopember lalu, sedangkan 11 orang lainnya tidak hadir. Hasil penambahan jumlah anggota PPK kita umumkan hari itu juga pasca wawancara,” bebernya.

Bambang melanjutkan, jika berdasarkan hasil verifikasi calon anggota PPK tidak memenuhi persyaratan, atau kurang dari tujuh orang yang memenuhi syarat menjadi anggota PPK, maka KPU Demak dapat bekerjasama dengan lembaga profesi atau lembaga pendidikan untuk meminta tamabahan minimal kuota dua kali lipat dari kebutuhan penambahan jumlah anggota PPK pada pemilu 2019.

“Anggota PPK yang baru, akan dilantik pada tanggal 2 Januari 2019. Kami berharap, mereka yang terpilih harus dapat segera menyesuaikan diri dan dapat melaksanakan tugas berat mulai menyiapkan logistik , hitung surat suara hingga rekapitulasi kecamatan,” tandasnya.

“Semuanya berharap pemilu serentak 2019 di Kabupaten Demak lebih berintegritas,” pungkasnya. (El)