Home Ekbis Pasar Wonodri Mulai Dibongkar dan Segera Dibangun Kembali

Pasar Wonodri Mulai Dibongkar dan Segera Dibangun Kembali

156
0
Pedagang membongkar sendiri lapak dagangannya di Pasar Wonodri
       Semarang, 7/4 (BeritaJateng.net) – Pasar Wonodri yang biasa akrab dengan sebutan Pasar Sendiko, Jumat (6/4) mulai ditinggal oleh para pedagang dan bangunan pasar akan dibongkar sehingga para pedagang segera menempati di lokasi  tempat penampungan yang tak jauh dari bangunan pasar sekitar tahun 1980-an tersebut.
        Dari pantauan, sejumlah pedagang melakukan pembongkaran kiosnya masing-masing dan di sekitar lokasi di dalam pasar, kotoran sampah berserakan ada di mana-mana. Tetapi, disela-sela pedagang membongkar kiosnya masing-masing juga masih ada sejumlah pedagang yang masih berjualan di situ.
         “Kami sudah mendapat lokasi penampungan yang berada di Jalan Wonodri. Tempat penampungan yang akan kami manfaatkan untuk berjualan tinggal dipasang rooling door,” kata Nurcahyo (70) pedagang makanan anak-anak.
         Menurutnya, para pedagang Pasar Wonodri sudah siap pindah di tempat penampungan sementara. Sebab, Bangunan Pasar Wonodri segera dibongkar dan dibangun kembali. “Setelah pemasangan rolling door, kami segera pindah,” tambahnya.
         Ia berharap nanti setelah bangunan Pasar Wonodri dibongkar dan dibangun kembali, maka para pedagang yang memiliki kios atau pedagang lama harus diutamakan sesuai ukuran kios yang dimilikinya. Para pedagang Pasar Wonodri, wajib mendapatkan prioritas untuk kembali lagi setelah bangunan Pasar Wonodri selesai dibangun.
         Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto yang berada di sekitar pembongkaran kios pedagang Pasar Wonodri mengatakan, maksimal para pedagang dalam waktu tiga minggu sudah pindah di tempat penampungan semua.
        “Batas waktu tiga minggu itu sudah dipahami para pedagang, bahkan para pedagang kini sudah sebagian besar melakukan pembongkaran dan sebagiannya lagi sudah ada yang menempati tempat penampungan yang tak jauh dari lokasi pasar,” katanya.
         Menurut Fajar, setelah pembongkaran bangunan Pasar Wonodri selesai, maka ditindaklanjuti pada  pertengahan Mei nanti sudah ada pemenang lelang untuk membangun Pasar Wonodri. Menurut rencana, Pasar Wonodri baru akan dibangun tiga lantai.
        Sementara itu, kata Fajar, jumlah pedagang di dalam Pasar Wonodri ada sekitar 550 pedagang, Jumlah pedagang tersebut sudah saya kunci, tidak ada lagi penambahan pedagang, semua adalah pedagang Pasar Wonodri yang nanti berhak menempati kembali setelah pasar dibangun tiga lantai.
       Fajar memprediksi bahwa Pasar Wonodri baru dibangun selesai sekitar bulan Nopember dan akhir tahun 2018, para pedagang yang berada di tempat penampungan kembali lagi ke Pasar Wonodri baru setelah selesai dibangun.  (El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here