Home Ekbis Pasar Tiban ORArt ORET di Semarang

Pasar Tiban ORArt ORET di Semarang

Pasar Tiban

Semarang, 8/2 (BeritaJateng.net) – Komunitas ORArt ORET mewadahi penikmat seni dan seniman untuk melakukan proses transaksi jual beli barang-barang seni.

Sebuah ruang seni (ArtSpace) bernama Pasar Tiban sengaja didirikan di Jalan Kelud Raya No. 10 Sampangan Semarang.

“ArtSpace ini menjadi sarana berkesenian segala macam komunita untuk dapat berbagi ilmu seni, karya dan sekaligus sebagai tempat berkumpul dan berbagi informasi,” ujar Dadang salah satu penggagas ArtSpace atau biasanya disebut pasar tiban tersebut.

Selama Empat tahun perjalanan ORArT ORET, komunitas ini telah mewadahi ruang kreatif bagi para seniman, mulai dengan menjadi pengelola aksi-aksi seni, sebagai pecinta seni dan budaya, hingga kini menjadi organisasi seni budaya yang mempunyai ruang seni aktif.

“Di ArtSpace ini sekaligus juga untuk membentuk pusat informasi seni, dan membangun kekuatan stakeholder bagi dunia seni, terutama bagi Kota Semarang sendiri,” ujarnya.

ArtSpace Pasar Tiban berada tepat di samping salah satu rumah makan, merupakan keinginan salah satu penggagasnya yang juga merupakan anggota ORArt ORET yang berkeinginan menjadikan ruangan tersebut sebagai basecamp dan akhirnya didirikanlah ArtSpace.

“Kegiatan ArtSpace Pasar Tiban hanya dilakukan setiap hari Minggu pukul 10.00 hingga 21.00 WIB, dengan menghadirkan beragam komunitas Seni.

“Pasar Tiban adalah aksi seni tiap akhir pekan untuk memotivasi gejala-gejala transaksi antara pelaku kreatif (penjual) dan khalayak luas (pembeli), komunitas maupun perorangan,” tambah Dadang. (BJ05)