Home Headline Pasar Meteseh Ditutup Tiga Hari Pasca Ditemukan Kasus Terpapar Covid-19

Pasar Meteseh Ditutup Tiga Hari Pasca Ditemukan Kasus Terpapar Covid-19

331
Pasar tradisional ditutup sementara setelah ditemukan pedagang terpapar Covid-19

SEMARANG, 15/6 (BeritaJateng.net) – Pasar Meteseh, Kecamatan Tembalang, ditutup sementara selama tiga hari mulai Senin (15/6/2020). Penutupan dilakukan setelah ditemukannya kasus Covid-19 di pasar tersebut.

Pasar ini merupakan pasar kedelapan yang harus ditutup sementara setelah sebelumnya tujuh pasar ditutup sementara lantaran kasus serupa yakni Pasar Kobong, Karimata, Rasamala, Prembaen, Karangayu, Mangkang, dan Wonodri. Tak hanya itu, satu pasar swalayan juga sempat ditutup.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fravarta Sadman berharap, Pasar Meteseh menjadi pasar terakhir yang ditutup sementara. Dia ingin tidak ada lagi penularan Covid-19 di Kota Semarang khususnya penularan di pasar tradisional.

“Disitu (Pasar Meteseh) info dari gugus tugas hasil swan kemadin ada yang terpapar Covid-19. Sehingga, portapnya sama yakni kami tutup. Mudah-mudahan ini pasar terakhir yang ditutup sementara,” ucap Fravarta.

Selama tiga hari kedepan, pasar tersebut akan disterilisasi oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Semarang dengan penyemprotan disinfektan.

Ditemukannya kasus Covid-19 di Pasar Meteseh, lanjut dia, menjadi pengingat bahwa masih terjadi penularan di pasar tradisional. Karena itu, pihaknya kembali meminta kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan selama beraktivitas di pasar.

“Saya mengharapkan kepada semua pedagang dan pengunjung untuk saling mengingatkan dan menjaga diri. Kasus ada. Itu sebagai pengingat nyatanya ada yg positif. Makanya, kita harus disiplin mulai dari diri sendiri,” paparnya.

Dinas Perdagangan pun berupaya terus melakukan patroli kepada para pedagang maupun pembeli agar disiplin menerapkan protokol kesehatan. Berbagai fasilitas untuk menunjang penerapan protokol kesehatan juga sudah tersedia salah satunya tempat cuci tangan di setiap pasar. (El)