Home Lintas Jateng Pasar Johar Bangunan Cagar Budaya Yang Perlu Dijaga

Pasar Johar Bangunan Cagar Budaya Yang Perlu Dijaga

Bangunan karya arsitektur Belanda Ir. Thomas Karsten.
Bangunan karya arsitektur Belanda Ir. Thomas Karsten.
Bangunan karya arsitektur Belanda Ir. Thomas Karsten.

Semarang,12/5 (BeritaJateng.net) – Pakar arkeologi Unnes menyatakan jika bangunan Pasar Johar yang telah habis terbakar merupakan bangunan cagar budaya yang perlu di dijaga dan dilestarikan, serta dikembalikan bangunan tersebut sesuai bentuk dan fungsinya.

Hal ini disampaikan pakar arkeologi Unnes, Dra. Ufi Saraswati, M.Hum. Ia menyampaikan, bangunan sejarah Pasar Johar Semarang sangat perlu di jaga.

Menurutnya, pasar Johar merupakan salah satu bangunan bersejarah cagar budaya, yang nilai sejarahnya dapat dilihat dari bentuk bangunannya yang di rancang oleh arsitek Belanda Ir. Thomas Karsten.

Pada pembangunan pasar Johar, Thomas Karsten merancang bangunan yang sangat modern saat masanya dan tak melepaskan kultur masyarakat setempat.

“Dengan kondisi pasar yang padat dan ramai di pasar pastinya kondisinya panas, namun rancangannya sangat unik pada masanya, sebuah pasar dengan ventilasi udara yang sangat bagus, dengan adanya kolom Cendawan dan Latern,” tutur Ufi Dosen Sejarah Kuno UNES.

Setelah terbakarnya Pasar Johar kemarin, seharusnya bangunan tersebut harus dikembalikan seperti awal sesuai dengan bentuk dan fungsinya.

“Kita pernah mengedukasi kepada para pedagang dan masyarakat sekitar untuk ikut menjaga bangunan cagar budaya Pasar Johar tersebut, dan mereka dapat menerima dengan baik,” katanya.

Jika perbaikan terjadi, lanjut Ufi, semua dikembalikan pada masyarakatnya apakah mau ikut menjaga kelestarian bangunan cagar budaya tersebut atau tidak.(BJ06)