Home Ekbis Pasar Darurat Klewer Dibentuk Mirip Hanggar Pesawat

Pasar Darurat Klewer Dibentuk Mirip Hanggar Pesawat

Walikota Solo FX. Rudy
Walikota Solo FX. Rudy
Walikota Solo FX. Rudy

Solo, 10/1 (BeritaJateng.net) – Proses Pembangunan pasar darurat bagi pedagang Klewer yang kiosnya terbakar beberapa waktu lalu masih menunggu ijin resmi dari pihak Kraton Solo.

Saat ini menurut Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, Pemkot tinggal menunggu keputusan Paku Boewono (PB) XIII selaku raja di Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

“Pemkot belum bisa memastikan kapan pembangunan akan dimulai, karena belum ada izin dari pihak Keraton Kasunanan Surakarta,” tegasnya di Solo Jawa Tengah, Sabtu (10/1/2015).

Rudi juga mengakui bahwa saat ini Pemkot Solo telah menentukan desain untuk pembangunan pasar sementara yang akan menampung pedagang yang kiosnya terbakar.

Karena akan menempatinya dalan jangka waktu yang agak lama maka desainnya juga tidak terbuat dari papan trilplek seperti biasanya.
Pasalnya jumlah pedagang yang akan direlokasi mencapai 2.543 pedagang. Para pedagang Klewer akan menempati pasar darurat sampai dua tahun, menunggu pembangunan Pasar Klewer rampung.

“Desainnya sudah ada. Modelnya seperti hanggar pesawat terbang yang didalamnya ada kios untuk pedagang untuk berjualan,” ungkapnya.

Rudy juga menjelaskan jika bentuk bangunan pasar darurat akan dibuat seperti seperti hanggar pesawat. Bangunan pasar dibuat dari rangka besi untuk menjaga keamanan pedagang.

“Nantinya akan dibangun tiga buah hanggar yang bisa menampung sekitar untuk menampung 1500 pedagang,” terangnya.

Rencananya kios pasar darurat tersebut akan dibuat dengan dua dua. Yaitu kios dengan ukuran 2,4m x 3,6m sebanyak 1532 kios dan satu lagi berukuran 1,5m x 1,5m kios untuk 765 pedagang pelataran dan 137 pedagang renteng. (BJ24)