Pasar Bulu Lantai 3 Segera Ditempati 50 Pedagang

Sosialisasi pedagang pasar Bulu Semarang

Semarang, 11/1 (BeritaJateng.net) – Sebanyak 50 kios pedagang dalam waktu dekat ini akan masuk untuk menempati lantai 3 Pasar Bulu Semarang yang saat ini kondisinya masih sepi pedagang. Nantinya ada beberapa macam jenis pedagang yakni pedagang kacamata, elektronik, buku, dan wahana permainan anak yang akan meramaikan Pasar Bulu.

“Memang konsep pasar di Pasar Bulu ini berubah dari rencana semula yang sebelumnya untuk pusat kuliner dan oleh –oleh khas Semarang nantinya akan berubah menjadi pusat buku,” kata Kepala Dinas Perdagangan, Fajar Purwoto saat sosialisasi para pedagang di Pasar Bulu Semarang.

Ditambahkan Fajar, adapun puluhan pedagang yang akan menempati lantai 3 pasar, yakni para pedagang eks Johar, pedagang di Mall Matahari, yang ingin membangun kios mereka di sini. Pedagang ini, akan mulai menempati lantai tiga, sekitar awal Februari bersamaan dengan lounching stand kuliner yang akan dibangun di sekitar pintu masuk pasar.

“Sedangkan untuk anggaran pembangunannya, nantinya secara swadaya pedagang, yang punya komitmen meramaikan pasar. Kalau saya menganggarkan (Dinas Perdagangan-red), pedagang akan menunggu anggaran terlalu lama,” terangnya.

Saat ditanya, jika ada indikasi jual beli lapak atau kios di pasar Bulu, pihak Dinas Perdagangan, akan menindak tegas hal tersebut, dan memberlakukan aturan ketat yakni akan dicabut kepemilikan kiosnya. “Akan langsung saya proses , begitu juga apabila terjadi jual beli lapak atau kios di pasar yang lain, sesuai aturan apabila kios tersebut selama tiga bulan tidak ditempati akan ditarik menjadi milik dinas, dan kami sudah minta kepada Paguyuban Pedagang Jasa dan Pasar (PPJP) Pasar Bulu, bahwa nantinya akan ditempati pedagang baru yang mau,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua PPJP Pasar Bulu Suyanto mengatakan, awal Februari pihaknya menyanggupi sebanyak 50 pedagang akan masuk ke lantai tiga Pasar Bulu. Meski biayanya pembangunan kios dilakukan secara swadaya, namun hal tersebut tidak menjadi masalah yang terpenting, nanti Pasar Bulu akan ramai dan menjadi salah satu jujugan masyarakat Kota Semarang. (EL)

Tulis Komentar Pertama