Home Headline Parpol Perlu Batasi Jabatan Ketum

Parpol Perlu Batasi Jabatan Ketum

image
Ilustrado

Jakarta, 8/1 (Beritajateng.net) – Pengamat Politik Lembaga Swadaya Masyarakat Lingkar Madani (Lima), Ray Rangkuti, mengatakan partai politik perlu membatasi masa jabatan ketua umum untuk mendukung kaderisasi.

“Pembatasan masa jabatan ketum (ketua umum, red) sangat penting dalam partai agar semua orang memiliki kesempatan yang sama sehingga mendukung demokratisasi dan kaderisasi,” kata Ray di Jakarta, Kamis.

Menurutnya, batasan masa jabatan ketua umum penting karena para pemimpin partai belum memiliki kesadaran menggulirkan jabatan pada generasi yang lebih muda.

Di sisi lain, katanya, generasi muda partai juga realistis tidak dapat menandingi pemimpin partai dalam bursa pemilihan ketua umum jika pemimpin masih terus ingin menempati posisi tersebut.

“Kader muda partai realistis sulit menandingi pemimpin jika dia masih terus menginginkan jabatan itu karena pengaruh yang dimiliki tentu lebih besar,” katanya.

Ia khawatir tidak adanya akses bagi generasi muda merupakan kegagalan partai dalam menjalankan tugasnya untuk melakukan kaderisasi dan regerasi.

Kegagalan partai dalam kaderisasi dan regerasi, kata Ray, berpengaruh pada demokrasi di Indonesia yang tidak sehat.

Untuk itu, ia menekankan lagi pentingnya partai politik menetapkan batasan masa jabatan ketua umum agar partpol dapat menjalankan perannya sebagai wadah kaderisasi para calon pemimpin politik di Indonesia dalam wujud regenerasi.(Ant/Bj02)