Home Headline Parpol di Jateng Jaring Kandidat Pilkada

Parpol di Jateng Jaring Kandidat Pilkada

pdip

Semarang, 19/1 (BeritaJateng.net) – Sejumlah partai politik mulai membuka penjaringan bakal calon kepala daerah menjelang pelaksanaan pilkada di 16 kabupaten/kota pada 2015.

“Kami sudah mulai melakukan berbagai persiapan penjaringan bakal calon kepala daerah dan hasilnya akan dikoordinasikan dengan pengurus DPD dalam waktu dekat,” kata Bendahara DPD I Partai Golkar Jawa Tengah Sasmito di Semarang, Senin.

Ia menjelaskan bahwa setelah koordinasi hasil penjaringan bakal calon kepala daerah dilakukan maka pengurus DPD I Partai Golkar Jateng akan mengeluarkan rekomendasi nama kandidat yang akan diusung partai pada pilkada di 16 kabupaten/kota.

Menurut dia, selain menunggu hasil rekomendasi tersebut, DPD I Partai Golkar Jateng juga melihat perkembangan politik dan melakukan survei dengan melibatkan lembaga survei yang independen.

“Survei diperlukan guna mengetahui potensi dari bakal calon kepala daerah yang akan kami usung pada 16 pilkada di Jateng,” ujarnya.

Sasmito mengungkapkan bahwa Partai Golkar memprioritaskan koalisi dengan partai-partai politik yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih dalam mengusung calon kepala daerah pada pilkada mendatang.

“Kendati memprioritaskan dengan KMP berdasarkan situasi di masing-masing daerah, namun kami tetap terbuka jika diharuskan berkoalisi dengan partai di luar KMP,” katanya.

Ketua Tim Pemenangan Pilkada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jateng Hadi Santoso yang dihubungi terpisah mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan komunikasi dan penjaringan bakal calon kepala daerah terkait dengan 16 pilkada di provinsi setempat.

“Selain melakukan komunikasi dan penjaringan, kami juga melakukan survei popularitas dan jejak pendapat terhadap sejumlah kandidat,” ujarnya.

Hadi mengungkapkan bahwa PKS optimistis dapat menempatkan kadernya pada pelaksanaan pilkada di 16 kabupaten/kota mendatang.

Selain Partai Golkar dan PKS, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di beberapa di daerah di Jateng juga telah membuka penjaringan bakal calon kepala daerah.

“Ada beberapa daerah yang belum membuka penjaringan kepala daerah, padahal itu adalah instruksi dari DPP,” kata Ketua DPD PDIP Jateng Heru Sudjatmoko.

Kendati demikian, Heru yang tidak bersedia menyebutkan daerah yang belum membuka penjaringan bakal calon kepala daerah itu mengakui bahwa pengurus DPC yang paling tahu terkait dengan kondisi di daerah masing-masing.

Heru juga mengaku akan mengecek dan menanyakan langsung kepada pengurus DPC yang bersangkutan mengenai alasan belum membuka penjaringan bakal calon kepala daerah. (Ant/BJ)