Home News Update Para WNA Akan Diadili di Negara Masing-masing

Para WNA Akan Diadili di Negara Masing-masing

image

Semarang 29/4 (Beritajateng.net) Pihak Kantor Imigrasi Kota Semarang akan berkoordinasi dengan kedutaan besar Tiongkok dan Taiwan untuk memulangkan para WNA tersebut dan diproses hukum di negara masing masing. Langkah untuk pelimpahan akan segera dilakukan setelah pemeriksaan oleh polisi selesai.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Kota Semarang Albert S Venat mengatakan, puluhan WNA tersebut untuk sementara akan di tampung di kantor Imigrasi Semarang sambil menunggu proses selanjutnya. “Akan kami tampung untuk 30 hari ke depan. Nantinya di tempat penampungan akan diinterogasi untuk BAP. Ya tidak lama, biasanya dua mingguan,”katanya.

Lebih lanjut dari hasil pemeriksaan sementara, puluhan WNA tersebut masuk ke Indonesia secara legal dan sesuai dengan ketentuan. Terkait lama tinggal Albert belum mengetahui secara pasti. “Kami belum tahu WNA ini datang sejak kapan. Namun yang pasti kita akan selidiki dengan melakukan pemeriksaan di Kantor Imigrasi,”lanjutnya.

Namun dari pemeriksaan paspor tercatat, izin tinggal para WNA tersebut di Indonesia berlaku hingga 2 bulan ke depan. “Kami tetap akan menghubungi keduataan besar asal mereka dan menyertakan rekomendasi dari polisi tentang peristiwa yang terjadi,” ujarnya.  

Penindakan terhadapa puluhan WNA tersebut bermula saat pihak Polrestabes Semarang mendapat informasi terkait kegiatan yang mencurigakan, di sebuah rumah di Jalan Merapi, Gajahmungkur. yang sedang berinteraksi dengan laptop dan fasilitas jejaring internet yang diduga digunakan untuk melancarkan aksi penipuan. Adapun, polisi menyita sejumlah laptop, handphone serta handy talky (HT). Dari hasil pemeriksaan tindakan yang melawan hukum itu dilakukan mereka atas perintah seseorang yang membayar mereka Rp 30 hingga 40 juta. (BJ04)

Advertisements