Home News Update Para Pemuda Enam Negara Beri Training Metode Pendidikan Nonformal di Semarang

Para Pemuda Enam Negara Beri Training Metode Pendidikan Nonformal di Semarang

P_20151009_172312

Semarang, 10/10 (BeritaJateng.net) – International Initiative for Cooperation (IIC) Bulgaria menggandeng Indonesia International Work Camp (IIWC) PKBI Jawa Tengah menyelenggarakan Steps 4 Learning Innovation for Education (STEPs4LIFE) bersama pemuda dari enam negara didunia mengaplikasikan Metode Pendidikan Non Formal.

“Pemuda yang merupakan trainer dari enam negara ini akan mengajarkan metode nonformal ke berbagai institusi. Kami menyasar pendidik, sehingga di Semarang kami memberikan training kepada 93 mahasiswa Universitas PGRI (UPGRI) Semarang,” ujar David Raigal Vice President International for Cooperation Bulgaria, di Semarang.

Menurutnya, program ini sudah berjalan selama enam tahun, dan pada tahun ini Kota Semarang merupakan kota perwakilan Indonesia yang menjadi sasaran program STEPs4LIFE.

“Training di ikuti oleh pemuda dari enam negara yang kemudian mempelajarai best practice metode pendidikan non formal. Metode pendidikan non formal ini dipercaya dapat meningkatkan kreativitas, mengembangkan diri, serta berkontribusi pada pembentukan karakter bidang profesional,” ungkapnya.

Setelah serangkaian training selesai, lanjutnya, diharapkan para trainer yang mengikuti pelatihan mampu mengembangkan metode mereka dan menciptakan multiplayer effect pada perwakilan negara tersebut.

Ia mengungkapkan, keseluruhan training dalam program ini dilakukan tiga kali di tiga negara yang berbeda yaitu Meksiko, Indonesia dan Vietnam. Acara puncak akan diadakan di Bulgaria selama 15 hari untuk membahas keberhasilan dan keberlanjutan program. (Bj05)