Home Lintas Jateng Panwas: Semua Elemen Diminta Aktif Awasi Pemilu

Panwas: Semua Elemen Diminta Aktif Awasi Pemilu

762
0
Bimtek Panwas Pemilu

          KAJEN, 1/10 (BeritaJateng.net) – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwas) Kabupaten Pekalongan meminta masyarakat turut serta secara aktif dalam pengawasan pesta demokrasi atau pemilu pada tahun 2019 mendatang. Hal itu dilakukan agar terwujud pemilu yang berkualitas di Kabupaten Pekalongan.

       “Kami menyadari meski jumlah personel panwas baik di tingkat kabupaten, kecamatan dan kelurahan serta pengawas TPS cukup banyak namun itu masih belum sebanding dengan beban dan volume kerja pengawasan. Oleh karena itu kami mengajak seluruh komponen masyarakat berperan aktif dalam pengawasan pemilu,” kata Divisi Organisasi Sumber Daya Manusia (SDM) Panwas Kabupaten Pekalongan, Nur Anis Kurlia.
        Ia mengatakan, pihaknya berupaya melakukan sosialisasi ke berbagai komponen masyarakat, termasuk juga dari unsur pemerintah. Diharapkan dari sosialisasi ini akan tumbuh kesadaran masyarakat untuk turut serta berperan aktif dalam pengawasan pemilu.
        “Pengawasan pemilu diperlukan sebagai salah satu faktor untuk menghasilkan proses pemilihan calon pemimpin atau calon wakil rakyat yang berkualitas. Karena salah satu prasyarat untuk dikatakan sebagai pemilu yang berkualitas adalah penyelenggara pemilu netral dan profesional serta kecerdasan pemilih,” katanya.
       Selain itu, pengawasan pemilu juga ingin memastikan terselenggaranya pemilu bisa benar-benar jujur dan adil, serta sungguh-sungguh mematuhi peraturan perundang undangan. Dengan lingkup kerja yang luas petugas di panwas membutuhkan peran serta masyarakat dalam turut mengawasi jalannya pemilu. “Melalui sosialisasi inilah kami memaparkan mekanisme pengawasan dan tindak lanjut penangangannya seperti apa,” tandas.
        Sosialisasi diberikan kepada berbagai unsur pendidikan, LSM, organisasi-organisasi keagamaan, organisasi-organisasi kepemudaan, dan juga dari unsur pers.  “Kalau ada laporan, nanti biar kami menindaklanjuti. Tidak perlu takut demi terwujudkan Pemilu berintegritas,” tandasnya.
        Anggota dan Koordinator Devisi Sumber Daya Manusia (SDM) Panwas Jawa Tengah Sri Sumanta S, salah satu pembicara mengatakan, pengawasan dari berbagai pihak dibutuhkan untuk mewujudkan pemilu yang berlangsung secara demokratis, sehingga hasilnya dapat diterima dan dihormati oleh semua pihak.
        “Upaya ini tentu saja bertujuan memberikan landasan keabsahan atau legimitasi yang kuat bagi semua pihak yang terlibat dalam proses pemilu. Untuk menjalankannya, apabila mendapatkan atau pemilik kedaulatan. Pengawasan partisipasi juga untuk menghindari proses pemilu yang curang, manipulasi serta rekayasa,” katanya dalam acara Bimbingan Teknis Pengawasan Pemilu Partisipatif di Pesona Hotel Pekalongan. (ST/El)