Home News Update Panwas Kosem Akan Lantik 48 Anggota Panwascam

Panwas Kosem Akan Lantik 48 Anggota Panwascam

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

Semarang, 4/6 (BeritaJateng.net) – Panitia Pengawas Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kota Semarang (Panwas Kosem) akan melantik 48 Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk 16 Kecamatan, Jumat (5/6) pukul 09.00 WIB di lantai 8 Gedung Moch Ichsan, Balaikota Semarang.

Ketua Panwas Kosem, Muhammad Amin menyatakan, proses rekruitmen Panwascam untuk 16 Kecamatan se Kota Semarang cukup ketat dan terasa sulit untuk memutuskan  48 personalia Panwascam terpilih yang diumumkan 4 Juni lalu. Mereka ini tersaring dari 154 pendaftar yang memasukkan berkas sejak 16 Mei, kemudian mengikuti tes tertulis 19 Mei dan wawancara 2-3 Juni lalu.

“Tidak mudah menentukan tiga orang Panwascam terpilih dari tiap Kecamatan, mengingat sebagian besar pendaftar adalah petahana, dan dibanjiri mantan anggota PPK yang terkena regulasi KPU dimana tidak bisa mendaftar lagi, termasuk orang-orang baru yang  belum pernah terlibat sebagai penyelenggara Pemilu. Mereka cukup fight saat tes wawancara, bahkan  tes tertulis diperoleh nilai tertinggi cukup memuaskan, meski ada yang kurang sama sekali,” ujar Muhammad Amin yang mengampu Divisi Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan di Panwas Kosem.

Setelah dilantik, Panwascam terpilih ini  langsung menerima pembekalan dari Komisioner Bawaslu Jawa Tengah dan Bimbingan Teknis dari anggota Panwas Kosem. “Bimtek ini langsung kami lakukan karena saat ini mereka akan langsung melakukan pengawasan di tahapan pendaftaran pencalonan perseorangan,” sambung Bekti Maharani, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga.

Dijelaskan bahwa salah datu titik rawan pengawasan terdapat dalam dukungan terhadap calon perseorangan yaitu sebanyak 6,5 persen dari 1,6 juta lebih penduduk Kota Semarang yaitu sejumlah 105.464 dukungan.

Dalam berkas dukungan perseorangan berpotensi terjadi dugaan pelanggaran semisal seorang warga memberikan dukungan ke beberapa calon perseorangan atau dukungan ganda.

Cukup banyak titik rawan lainnya dalam tiap tahapan yang disampaikan langsung nanti dalam bimtek untuk Panwascam sebagai bekal dalam bertugas menjalankan amanah Negara dalam Pilkada serentak ini.

“Untuk itu, Panwas Kosem sangat selektif saat melakukan proses rekruitmen Panwascam. Masukan masyarakat cukup banyak dan sangat membantu kami untuk klarifikasi terhadap calon peserta. Termasuk meminimalisasi susupan calon peserta dari partai yang akan mencoba masuk dalam lembaga pengawasan ini,” tambah Parlindungan Manik selaku Koordinator Divisi Penindakan dan Penyelesaian Sengketa.

Diharapkan 48 Panwascam terpilih ini bakal mengawal pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kota Semarang sehingga berjalan sesuai mekanisme dan perundangan yang ada. Panwascam selanjutnya akan membentuk Panitia Pemilihan Lapangan (PPL) sejumlah 177 PPL. Ditambah lagi 23 hari sebelum Pilkada serentak  9 Desember mendatang akan didukung  2.810 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan bertugas hingga 7 hari setelah hari H. (BJ)