Home News Update Pantai Gading Juara Piala Afrika

Pantai Gading Juara Piala Afrika

169
0

image

Bata, 9/2 (Beritajateng.net) – Pantai Gading menjadi juara Piala Afrika untuk pertama kalinya dalam 23 tahun, ketika mereka menang dalam adu tendangan penalti 9-8 atas Ghana menyusul hasil imbang tanpa gol setelah perpanjangan waktu pada laga final Minggu yang dimainkan di Estadio de Bata, Equatorial Guinea.

Kiper Boubacar Barry mengkonversi sepekan terakhir untuk memastikan gelar perdana tersebut sejak Pantai Gading menaklukkan Ghana dalam situasi serupa pada 1992.

Diperlukan total 22 tendangan untuk menentukan hasil pada Minggu, setelah Pantai Gading gagal pada dua eksekusi pertamanya.

Kemenangan ini bagi Pantai Gading juga memberi perbedaan bagi pelatih Herve Renard, di mana ia menjadi pelatih pertama yang memenangi Piala Afrika dengan negara-negara yang berbeda setelah kesuksesannya dengan Zambia pada 2012, saat mereka mengalahkan Pantai Gading melalui adu penalti.

Kemenangan Pantai Gading itu cukup memuaskan bagi pelatih asal Prancis Herve Renard yang menjadi pelatih pertama yang memenangi Piala Afria dengan dua negara yang berbeda setelah sebelumnya dia sukses membawa Zambia meraih gelar pada 2012.

“Kami memiliki tim yang punya semangat bertanding luar biasa dan kami sedikit beruntung,” kata Renard.

“Saya hanya ingin pulang dan merayakan kemenangan ini dengan keluarga dan teman-teman saya, ini menunggu waktu yang lama bagi kami untuk bisa menang di sini,” tambahnya.

Sementara itu bagi Ghana dengan kekalahan ini maka mereka masih harus menunggu kemenangan lagi di Piala Afrika setelah sukses pada 1982.

“Tapi kami pikir kami bisa sangat bangga tenang apa yang telah kami perbuat di turnamen ini dan yang anda berikan kepada kami bukan kesempatan,” kata pelatih Ghana Avram Grant.

“Kami punya tim untuk masa depan,” tambahnya.(ant/Bj02)