Home Hiburan Panorama Eksotik Danau Kawah 3 Warna Gunung Kelimutu

Panorama Eksotik Danau Kawah 3 Warna Gunung Kelimutu

Flores, 8/1 (BeritaJateng.net) – Anda ingin menghabiskan liburan akhir pekan di suatu tempat yg memiliki keindahan panorama yang eksotik dan punya keunikan tersendiri. salah satu alternatif destinasi wisata yang patut anda nikmati dan kunjungi, yakni gunung kelimutu, Salah satu gunung berapi yang bertempat di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Nama Kelimutu sendiri berasal dari gabungan kata “keli” yang berarti gunung dan “mutu”  yang berarti mendidih. Jadi dapat diartikan, Gunung Kelimutu ini adalah salah satu gunung berapi yang terus bererupsi. Gunung ini memiliki ketinggian 1.639 meter atau 5.377 kaki di atas permukaan laut.

Gunung Kelimutu merupakan bagian dari Taman Nasional Kelimutu. Gunung Kelimutu menyimpan keindahan yang tidak akan kita temui di taman nasional lainnya. Pasalnya seiring terjadinya erupsi dan letusan dari Gunung Kelimutu, malah menambah pesona dan keunikan tersendiri. Adanya letusan itu sendiri mengakibatkan terbentuknya tiga danau kawah terpisah diatas puncak Gunung Kelimutu. Ketiga danau kawah tersebut sangatlah indah dan mempesona sehingga dapat memikat mata yang melihatnya.

IMG-20160108-WA0001

Danau kawah yang ada di Gunung Kelimutu sangatlah unik, karena danau kawah tersebut memiliki 3 macam warna yang berbeda satu dengan yang lain. Ada merah, biru, dan putih. Danau Tiga Warna merupakan objek wisata andalan di pulau Flores. Danau kawah tersebut memiliki luas sekitar 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik. Ketinggian dinding antara 50 hingga 150 meter. Dinding danau kawah ini tergolong terjal karena memiliki kemiringan sebesar 70 derajat.Danau kawah ini dikatakan unik bukan hanya karena perbedaan dari ketiga warnanya, namun danau kawah ini juga sering kali berubah warna.

Para ilmuan yang sengaja datang dan meneliti ketiga danau ini mempunyai pendapat yang berbeda – beda tentang aktivitas perubahan warna pada danau kawah di Gunung Kelimutu. Ada yang mengatakan bahwa perubahan warna ini di sebabkan oleh Gunung Kelimutu sendiri, aktivitas gunung berapi yang terus – menerus mengalami erupsi dan menghasilkan gas – gas dari dalam menjadi faktor utama pada perubahan warna danau kawah. Sedangkan ada juga yang berpendapat bahwa, ini disebabkan oleh pantulan sinar matahari serta pembiasan cahaya dari dinding kawah.

Selain itu, beberapa penelitian juga membuktikan adanya kandungan mikroorganisme tertentu yang mempengaruhi perubahan warna pada danau kawah tersebut. Misalnya saja, dari salah satu danau kawah yang berwarna biru, kini berubah menjadi hijau. Hal ini juga menguatkan pendapat tentang meningkatnya aktivitas gunung berapi serta kandungan gas dari dalam beserta perubahan suhu.

Tak hanya itu, di Taman Nasional Kelimutu juga menyimpan berbagai jenis burung indah yang tercatat hampir punah. Selain itu, flora di Taman Nasional Kelimutu juga tak kalah menariknya dengan taman nasional lainnya.

Anda akan dibuat terpukau dengan sajian alam yang di miliki Taman Nasional Kelimutu. Walaupun tidak luas namun pesona keindahan dan keunikannya menjadi daya tarik tersendiri dan sayang untuk di lewatkan.(bj50)