Home Headline Panen “Melon Basket”, Petani Semarang Diminta Terus Berinovasi dan Berkreativitas

Panen “Melon Basket”, Petani Semarang Diminta Terus Berinovasi dan Berkreativitas

291
Panen Melon Basket

SEMARANG, 10/3 (BeritaJateng.net) – Panen melon jenis bibit atau varietas unggul bernama “Melon basket” di Kawasan Agro Purwosari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, ditandai dengan pemotongan melon manis ini oleh Wali kota Semarang beserta jajarannya.

Pria yang akrab disapa Hendi ini dalam sambutanya berpesan supaya para petani di Kota Semarang yang jumlahnya hanya 45 ribu petani ini bisa kreatif dan inovatif mengembangkan usaha pertaniannya. Terutama, usaha pertanian di lahan Kota Semarang yang merupakan Kota Metropolitan hanya seluas 2.500 hektar ini.

“Harus kreatif dan inovatif (petaninya),” tegas Hendi disela-sela panen ‘Melon Basket” di Green House Agro Purwosari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Jumat (8/3).

Hendi berharap, dengan ide kreatifnya petani Kota Semarang yang merupakan warga minoritas ini bisa mempunyai nilai tambah dengan hasil penennya.

“Kalau hanya melon saja yang dijual, nanti saat usianya tidak bisa dipertahankan alias busuk, nggak bisa dijual dengan harga maksimal. Atau hasil buahnya dipetik kemudian dijual begitu,” harap politisi PDI Perjuangan ini.

Sehingga, Hendi membeberkan, melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Semarang Dinas Pertanian inilah mendapatkan fasilitas dan kemudahan, petani bisa mengembangkan hasil taninya seperti bisa membuat sirup melon. Juga bisa membuat manisan dari bahan dasar melon basket ini.

“Yang kemudian nanti, petani merasakan pada saat dipanen, dijual buah saja setelah diolah, harga jualnya lebih tinggi setelah diolah. Petaninya juga tidak boleh ada persoalan dengan pupuk. Bagaimana menjaga hasil panen, itu menjadi PR Dinas Pertanian kami,” bebernya.

Selain mengembangkan hasil pertanian yang inovatif dan mempertahankan lahan area pertanian, Hendi menambahkan, pihaknya juga ingin mengembangkan di sektor Agro Wisata di Kota Semarang.

“Lewat kebun buah dan kebun bunga ini, Insyallah kami menuju ke arah sektor pertanian yang penuh inovasi tapi juga mempunyai manfaat yang besar untuk petani. Nantinya, juga sektor wisata juga kita kembangkan,” pungkas Hendi. (El)