Home Lintas Jateng Panen Kedua Hasil Petani Merosot Drastis

Panen Kedua Hasil Petani Merosot Drastis

koramil bnjarjo

Blora, 17/6 (BeritaJateng.net) –Kelompok Tani Makmur “3” Desa Sembongin Kecamatan Banjarejo, Blora, bersama anggota Babinsa Koramil 03/Banjarejo mengadakan panen raya jenis padi serang di lahan seluas 5 Ha, lahan milik Kelompok Tani Makmur yang di ketuai H Asnawi.

Kegiatan panen raya jenis padi serang tersebut, dihadiri oleh Danramil 03/Banjarejo Kapten Inf Sukemi, Dinas UPTD Kecamatan Banjarejo Sumanto, Spt,  Subiyono (pengamat hama tanaman) UPTD Kecamatan Banjarejo, Kepala Desa Sembongin Muntaha, Babinsa Serda Suroto, Babinkamtibmas Polsek Banjarejo Aiptu Sopyan, anggota Pok Tani Makmur dan Masyarakat.

Kades Sembongin Muntaha mengungkapkan, saat panen pertama di lahan seluas 1 Ha hasilnya bisa mencapai 8,5 ton, sedangkan panen kedua ini kurang  menguntungkan petani karena hasilnya hanya mencapai 6,5 ton.

Kendala saat musim tanam sampai musin berbuah kekurangan air dan sebagian kena hama ulat memakan batang padi hingga batang padi mengering. Hal ini sudah diantisispasi para petani yang bekerjasama dengan babinsa sebagai pendamping dengan  cara di semprot dengan pestisida. Sehingga bisa mengurangi kegagalan panen kedua ini.

“Terimakasih kepada Danramil 03/Banjarejo Kapten Inf Sukemi dan Babinsa yang telah mendukung dan terjun langsung untuk menjadi pendamping para petani Desa sembogin, berharap kedepan pendampingan para Babinsa bisa berkesinambungan,” Ujar Muntaha, Rabu (17/6).

Dalam kesempatan tersebut Danramil 03/Banjarejo Kapten Inf Sukemi menyambut gembira atas pelaksanaan kegiatan upaya khusus (Upsus) Babinsa selama ini, berharap kehadiran para Babinsa bisa sebagai motivator dalam kegiatan pendampingan pertanian khususnya Desa Sembongin Kecamatan Banjarejo, Blora.

“Pacu terus para petani kita, agar lebih mengintensifkan pada sektor pertanian. Kepada Babinsa agar terus lakukan upaya-upaya khusus, dengan kerja keras kita bisa terwujud,” ajak Danramil Kapten Inf Sukemi. (BJ31)