Home Nasional PAN Himbau Perayaan Tahun Baru Tak Berlebihan

PAN Himbau Perayaan Tahun Baru Tak Berlebihan

Jakarta, 30/12 (Beritajateng.net) – Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Partaonan Daulay, mengimbau kepada masyarakat Indonesia agar saat merayakan pergantian malam tahun baru tak dilakukan secara berlebihan seiring dengan banyaknya musibah yang terjadi di Indonesia.

“Dalam merayakan tahun baru, semua pihak diharapkan tidak berlebihan karena saat ini Indonesia sedang banyak dilanda musibah,” kata Saleh ketika dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Musibah bencana yang terjadi belakangan ini adalah banjir, letusan gunung berapi, longsor dan terakhir jatuhnya pesawat AirAsia yang berpenumpang 155 orang. Oleh karena itu, kegembiraan menyambut tahun baru harus dibarengi dengan sikap empati pada saudara-saudara yang kena musibah.

“Kalau memang ada rezeki berlebih, tentu sangat mulia jika dipergunakan untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Membantu sesama adalah bagian dari ajaran semua agama,” kata anggota Komisi VIII DPR RI ini.

Menurut dia, perayaan pergantian malam tahun baru bisa saja dirayakan dengan berbagai macam cara, termasuk menggalang dana untuk kepentingan kemanusiaan. Oleh karena itu, Jakarta Night Festival tersebut tentu bisa diselipkan dengan malam amal.

“Kan banyak juga orang yang merasa bahagia bila bisa membantu orang lain. Justru, makna pergantian tahun baru bisa dirasakan jika bisa membantu orang. Saya kira, ini berlaku bagi semua. Karena musuh agama dan peradaban adalah kemiskinan, kebodohan, dan juga bencana alam,” kata mantan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah ini. (Ant/BJ)