Home Headline PAN Harus Mengupayakan Regenerasi Kepemimpinan

PAN Harus Mengupayakan Regenerasi Kepemimpinan

288
0
Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Jakarta, 16/1 (Beritajateng.net) – Pengamat politik dari lembaga survei AirMob Nafi Muthohirin mengatakan Partai Amanat Nasional (PAN) harus mengupayakan terciptanya regenerasi kepemimpinan demi mendulang kesuksesan pada Pemilu 2019.

“Regenerasi kepemimpinan PAN merupakan ijtihad politik. Regenerasi ini harus konsisten untuk tujuan-tujuan yang idealis dan realistis jika partai ini ingin sukses di 2019,” ujar Nafi di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan kepemimpinan Hatta Rajasa sebagai Ketua Umum PAN selama ini dapat dipandang secara politik telah mengalami kegagalan dalam suksesi pemilu legislatif dan pilpres. Salah satu indikatornya, menurut dia, perolehan kursi PAN di DPR meskipun mengalami peningkatan namun berada diluar target.

“Karena itu PAN perlu mengubah strategi dan figur-figur sebelumnya,” jelas Nafi.

Mengingat saat ini hanya dia calon Ketua Umum PAN yang mencuat ke masyarakat yakni Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan, Nafi memandang bahwa Zulkifli Hasan merupakan sosok yang patut didorong demi kebaikan demokrasi dan kebaikan PAN ke depan.

Sementara itu pengamat politik dari Universitas Negeri Airlangga Surabaya Airlangga Pribadi mengatakan, PAN sebagai salah satu partai yang dibangun melalui semangat reformasi sudah selayaknya menjadi inisiator awal bagi proses regenerasi kepemimpinan di internal partai.

“Pergantian kepemimpinan partai adalah langkah awal bagi pembenahan partai,” kata Airlangga.

Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) ke-IV sebagai sarana pergantian ketua umum, dijadwalkan berlangsung di Bali pada 28 Januari-2 Februari 2015. Isu regenerasi kepemimpinan dalam kongres PAN juga telah disampaikan politisi senior PAN Amien Rais yang juga memiliki hubungan besan dengan Zulkifli Hasan.(ant/bj02)