Home Hukum dan Kriminal Palsukan Dokumen Pengajuan Kredit, Tiga Residivis Ditangkap Polisi

Palsukan Dokumen Pengajuan Kredit, Tiga Residivis Ditangkap Polisi

Semarang, 15/12 (BeritaJateng.net) – Tiga orang pemuda yang terlibat kasus pemalsuan dokumen diringkus aparat Polrestabes Semarang. Ketiga tersangka itu masing-masing berinisial SAN alias YG (23) warga Kebumen, MAM (34) warga Kartosuro, Sukoharjo dan WAS (23) warga Damplong, Yogyakarta.

Untuk modus operandinya, MAM yang menerima order data palsu dari WAS kemudian diserahkan kepada SAN untuk selanjutnya digunakan untuk mengajukan aplikasi kredit Honda Jazz di PT Mitsui Leasing Capital Indonesia cabang Semarang, yang beralamat di Jalan Pemuda Semarang.

Sementara perbuatan yang dilakukan oleh SAN sendiri sudah berlangsung sejak bulan Juli 2015 lalu. Dengan data palsu itu, SAN juga menggunakannya untuk mengajukan kredit di PT ACC Finance, Jalan MH Thamrin Semarang.

Kasat Reskrim Polrestabes Semarang, AKBP Sugiharto mengatakan ketiga pelaku mempunyai peran yang berbeda-beda.

“Untuk SAN, ia berperan menggunakan data palsu untuk mengajukan kredit. Sementara MAM punya peran sebagai pembuat data palsu atas pesanan dari SAN,” ujarnya.

Kombes Pol Burhanduin, selaku Kapolrestabes Semarang mengatakan masih akan terus mendalami terkait kasus pemalsuan ini.

“Ada sejumlah dokumen palsu yang disita dari tersangka untuk kita jadikan sebagai barang bukti. Seperti KK palsu, KTP palsu, stempel palsu, dan barang bukti lainnya,” kata Kapolrestabes, Selasa (15/12).

Sementara itu, Kanit I Resum Polrestabes Semarang, AKP Panca menuturkan pengungkapan ini berawal dari penangkapan SAN, pada Jumat tanggal 27 November 2025, sekira pukul 13.00 WIB.

Dari penangkapan itulah, kemudian dikembangkan pihaknya hingga mengarah ke MAM dan WAS.

“Pada tanggal 28 November kita kembali melakukan penangkapan. Untuk tersangka WAS ditangkap di Yogyakarta, sedangkan MAM ditangkap di Kartosuro,Solo” jelasnya. (Bjt02)