Home Nasional Pakar Transportasi : Pemerintah RI Gelontorkan 3000 Bis

Pakar Transportasi : Pemerintah RI Gelontorkan 3000 Bis

Djoko Setijowarno Pakar Transportasi Unika Soegijapranata Semarang
Djoko Setijowarno Pakar Transportasi Unika Soegijapranata Semarang

Semarang, 6/4 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Republik Indonesia menggelontorkan 3000 bis untuk seluruh Indonesia, bantuan itu, menurut Pakar Transportasi Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata, Djoko Setijowarno dirasa masih kurang.

“Kalau saya hitung masih kurang, setidaknya 30ribu,  namun itu sudah niatan baik yang patut di apresiasi,” ujar Djoko.

Ia mengatakan, seharusnya pemerintah menggelontorkan bantuan transportasi umum sedari dulu. “Jokowi termasuk salah satu pemimpin yang menyadari pentingnya moda transportasi umum, sehingga di gelontorkan bantuan berupa bis tersebut,” katanya.

Pihak swasta juga bisa dilibatkan dalam pengadaan moda transportasi. “Public transport selain di subsidi oleh pemkot juga harusnya di subsidi pihak swasta. Swasta ini cukup banyak perannya, kan nantinya mereka juga bisa menikmati hasilnya,” tambahnya.

Djoko mencontohkan, seperti kota Paris, penguna transportasi hanya membayar 20 persen saja biaya transportasinya dari tarif yang sebenarnya, bahkan 40 persennya di biayai pemerintah pusat dan 40 persen di biayai swasta.

Bahkan, lanjutnya, disana dibuat Undang-undangnya, jika Badan Usaha yang memiliki karyawan lebih dari Sembilan orang, wajib memberi subsidi pada perusahaan transportasi umum, agar karyawannya mau beralih dan menggunakan transportasi umum.

“Ini kan bisa di tiru dan di jadikan contoh, agar penggunaan transportasi umum lebih optimal,” ungkapnya. (Bj05)

Advertisements