Home Hukum dan Kriminal Pakai Modus Gadai Ulang, Salsa Tipu Toko Mas Puluhan Juta

Pakai Modus Gadai Ulang, Salsa Tipu Toko Mas Puluhan Juta

2555
0
Pakai Modus Gadai Ulang, Salsa Tipu Toko Mas Puluhan Juta
        KAJEN, 26/9 (BeritaJateng.net) – Seorang pemudi warga Kelurahan Pekajangan  Kecamatan Kedungwuni  Kabupaten Pekalongan, Salsa (20) ditangkap aparat kepolisian lantaran nekat melakukan aksi penipuan dengan modus gadai emas di tempat kerjanya sendiri yakni Toko Mas Gajah. Alhasil dari aksinya tersebut, pelaku mampu mengelabui korban hingga menderita kerugian puluhan juta rupiah.
        Kapolsek Kedungwuni AKP Kalung Muktiana mengatakan, aksi pelaku terjadi pada Rabu (8/8) lalu, sekitar pukul 14.00 di Toko Mas Gajah Jalan Capgawen Kedungwuni. Diketahui pelaku merupakan karyawan toko yang dipercaya pemilik untuk menyimpan perhiasan yang digadai.
       “Namun karena sudah beberapa kali disalahgunakan dengan cara perhiasan yang telah disimpan, diajukan lagi seolah-olah ada orang baru yang mau menggadaikan kembali,” katanya.
        Adanya aksi penipuan ini, membuat pemilik toko mengalami kerugian keuangan hingga Rp 60 juta rupiah, karena tiap kali perhiasan diajukan gadai pemilik mengeluarkan uang gadainya. “Selain mengamankan pelaku yang kini dititipkan di rutan Polres Pekalongan, kami juga mengamankan sejumlah barang bukti seperti perhiasan kalung, anting dan gelang serta bukti nota gadai yang dipalsukan,” katanya.
        Tidak hanya itu, barang-barang hasil cuci uang penipuan seperti handphone, sepatu, kosmetik hingga baju-baju juga diamankan sebagai barang bukti. “Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku akan dikenakan Pasal  378 KUHP tentang Penggelapan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara,” jelasnya. (ST/El)