Home Life Style Pakai Beskap Orange Jokowi Pasang Bleketepe, Tanda Mulainya Prosesi Pernikahan

Pakai Beskap Orange Jokowi Pasang Bleketepe, Tanda Mulainya Prosesi Pernikahan

140
0
Pakai Beskap Orange Jokowi Pasang Bleketepe, Tanda Mulainya Prosesi Pernikahan
           SOLO, 7/11 (BeritaJateng.net) – Proses pernikahan Kahiyang Ayu secara resmi dimulai. Jokowi  melakukan ritual upacara pemasangan bleketepe yakni anyaman janur kuning yang sesuai tradisi Jawa diletakkan di bagian pintu masuk rumah Jokowi di Jalan Kutai Utara, Sumber, Solo.
          Pemasang bleketepe adalah proses pertama. Dilakukan langsung oleh Jokowi dan Iriana, yang menggunakan beskap warna orange dan ibu Iriana juga mengenakan kebaya senada. Bleketepe merupakan berbagai hiasan seperti anyaman daun kelapa untuk peneduh (bleketepe), rangkaian janur kuning, pisang tuwuhan/suluhan, kelapa muda dan berbagai dedaunan. Sebagai simbol doa keselamatan lahir batin untuk pasangan pengantin yang akan menjalani prosesi pernikahan.
            Dilanjutkan dengan prosesi Adang Sepisan (masak nasi pertama) dimana nanti Iriana akan memasak nasi dan Jokowi yang ‘cethik geni’ (nyalakan api di tungku). Yang memiliki makna orang tua bersama -sama memikul tanggung jawab.
          Kemudian acara inti yakni siraman. Di mana siraman sendiri adalah upacara adat ritual warisan nenek moyang kita yang mengandung banyak falsafah di dalamnya.
          “Proses  prosesi siraman dimaknakan agar para calon pengantin membersihkan diri dan hati sehingga semakin mantap untuk melangsung pernikahan esok harinya,” jelas Widarsih salah satu pemandu acara siraman Kahiyang.
           Proses selanjutnya adalah acara siraman yang didahului acara khataman Qur’an oleh ibu -ibu pengajian di kediaman Jokowi. Nantinya Jokowi dan Iriana bersama sesepuh akan melakukam siraman pada mempelai putri dilanjutkan acara pondongan (menggendong calon mempelai) dilakukan oleh sang ayah. Dan malam harinya digelar upacara midodareni. (Db/EL)