Home Ekbis Pajak Impor Naik, Harga Jual Elektronik Melambung

Pajak Impor Naik, Harga Jual Elektronik Melambung

Toko elektronik

Semarang, 1/8 (BeritaJateng.net) – Kenaikan pajak barang impor membuat harga jual produk elektronik kini ikut melambung. Melambungnya harga-harga produk tersebut dikawatirkan oleh para pengusaha impor, seperti yang di kawatirkan oleh Edy Joko, pengusaha komputer di Semarang.

Bahwa kebijakan menaikan pajak impor akan membuat harga jual produknya ikut naik, dan menurutnya pasar komputer saat ini sedang turun, akibat dari perekonomian nasional.

“Kalau misalnya terjadi seperti itu (pajak naik,Red.) harga ikut naik, jadi tambah lesu lagi dong. Padahal satu tahun ini saja penjualan komputer bisa saya katakan sedang mengalami sakit stadium tiga,” ungkap Edy Joko Kiswanto yang juga merupakan Ketua Apkomindo Jawa Tengah.

Edy mengaku belum mempelajari secara detail aturan dari kebijakan tersebut. Dia berharap pemerintah harus tanggap menghadapi situasi seperti ini dan memperhatikan dampak dari kebijakan yang dikeluarkan.

“Jujur, saya punya beban mental buat mengajak temen-teman bertahan. Mereka pada ngeluh bayar gaji karyawan dan pajak yang terus dikejar-kejar. Bahkan ada yang sudah beralih bisnis, di Semarang ini ada empat pengusaha komputer yang sudah gulung tikar dari 130 pengusaha yang tercatat,” tuturnya.

Diketahui, Kementerian Keuangan resmi menaikkan tarif pajak penghasilan (PPh) pasal 22 untuk sejumlah barang impor dari 7,5% menjadi 10%. Barang-barang tersebut adalah yang telah dihapus dari daftar jenis barang mewah yang selama ini terkena pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM).

Pemerintah memastikan kenaikan tarif PPh impor ini tak akan menyebabkan harga barang-barang tersebut melonjak. Bahkan, harga barang impor yang selama ini tergolong mewah itu bakal turun drastis.(BJ06)