Home Lintas Jateng Paham Radikalisme Terus Berkembang Di Wilayah Jawa Tengah

Paham Radikalisme Terus Berkembang Di Wilayah Jawa Tengah

146
0
Sinergitas Polri, NU dan Muhammadiyah Menanggulangi Paham Radikalisme Terus Berkembang Di Wilayah Jawa Tengah
           Semarang, 7/12 (BeritaJateng.net) – Ketua Terorisme (FKPT) Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jateng, Najahan Musyafak berharap kesepakatan yang dilakukan antara Polda, NU, dan Muhammadiyah segera diwujudkan dengan aksi nyata.
           Ia menjelaskan upaya pencegahan paham radikalisme dan terorisme tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja namun harus secara bersama sama dan nyata. Kalau tidak akan ketinggalan, karena gerakan mereka terus berlangsung.
             “Ini bentuk kepedulian Kepolisian bersama sama dengan dua Organisasi Masyarakat Islam terbesar di Indonesia jangan hanya wacana namun dilakukan secara nyata”, tegasnya.
          Musyafak menjelaskan, saat ini gerakan radikalisme dan terorisme terus berlangsung belum berhenti.
             Untuk di Wilayah Jawa Tengah  paham-paham tersebut masih berkembang di beberapa daerah tidak hanya di Solo raya namun juga di wilayah Pantura.
              “Sekarang bukan hanya di Solo Raya, namun di daerah lain seperti Kendal, Batang, Pekalongan sampai Pantura Barat itu berkembang paham-paham ini”, jelasnya.
            Sebagai upaya preventif untuk melawan pemahaman-pemahaman itu dengan sosialisasi memang sangat perlu. Untuk perekutan terbesar mereka melalui on line atau media sosial.
             “Semakin tebal keimanan, semakin sering masyarakat disadarkan maka semakin kuat imunitas dari paham radikal,” tuturnya.
            Keterlibatan pihak lain itu menurutnya perlu untuk meluruskan kajian-kajian agama yang akhir-akhir ini juga sering dilakukan mahasiswa, atau golongan-golongan tertentu. “Jika di kampus atau lembaga pendidikan maka kementerian pendidikan yang masuk ke sana, jika di masjid ya Kemenag, begitu jadi semua terpantau,” ujarnya. (NH/el)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here