Home Headline Ormas dan LSM Semarang Bakal Unjuk Kemampuan Di ‘Ormas Expo’

Ormas dan LSM Semarang Bakal Unjuk Kemampuan Di ‘Ormas Expo’

3055
0
Pengukuhan FKSB (Forum Komunikasi Ormas Semarang Bersatu)

Semarang, 14/3 (BeritaJateng.net) – Sebagai wadah berhimpunnya Ormas dan LSM, Forum Komunikasi Ormas Semarang Bersatu (FKSB) bertekad selalu meningkatkan perannya di masyarakat. Keberadaan forum komunikasi ini juga diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam membangun dan menciptakan situasi kondusif di Kota Semarang.

Hal itu disampaikan Ketua FKSB AM Jumai, Rabu (14/3), sehubungan dengan akan diselenggarakannya Expo Ormas 15-16 Maret besok di DP Mal Semarang. Sementara kepengurusan baru FKSB periode 2018 – 2021 akan dilantik Walikota Semarang pada tanggal 10 Maret lalu.

Menurut Jumai, berdasarkan data di Kesbangpol Kota Semarang, Ormas dan LSM di Kota Semarang ada 220 lembaga. FKSB sebagai wadah berhimpunnya ormas dan LSM di Kota Semarang berusaha menghimpun potensi ormas dan LSM yang sangat besar ini.

“Karenanya bergerak bersama membangun kota adalah bagian perwujudan dari bangga menjadi warga Semarang,” kata Jumai.

Oleh karenanya, lanjut Jumai, pihaknya bersama Kesbangpol merancang berbagai program dan sebagian di antaranya sudah dilakukan yaitu memetakan potensi ormas berdasarkan fokus bidang garapan yang kemudian bisa dikoneksikan dengan dinas terkait.

Selain itu FKSB juga menggelar pelatihan penguatan kapasitas sebagai upaya kemandirian ormas dengan membentuk unit usaha, menggelar Ormas Award serta melakukan pendampingan-pendampingan masyarakat dengan dibentuknya LBH FKSB.

“Dan yang akan kami gelar pada 15-16 Maret besok di DP Mal adalah Expo ormas. Ini dimaksudkan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa ormas dan LSM memiliki produk-produk pemberdayaan masyarakat dan sangat berarti dihadapan masyarakat dan dibutuhkan di masyarakat,” tukasnya.

Ketua Panitia Expo Ormas Yusnawiyandi menambahkan, kegiatan ini digelar untuk 25 stan. Dari jumlah ormas yang mendaftar lalu diseleksi oleh tim dan diberikan pembekalan secara profesional dari pakar ekspo Tangan Terampil.

“Expo Ormas 2018 akan dibuka oleh Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu ,” tuturnya. (El)