Home Ekbis Omzet Sektor Retail Diprediksi Melonjak Selama Natal dan Tahun Baru

Omzet Sektor Retail Diprediksi Melonjak Selama Natal dan Tahun Baru

image
Ilustrasi

Kudus, 3/12 (Beritajateng.net) – Omzet penjualan sejumlah perusahaan yang bergerak di sektor retail atau eceran diprediksi melonjak selama Hari Natal dan Tahun Baru karena tingkat konsumsi masyarakat diprediksi juga meningkat.

“Berdasarkan pengalaman sebelumnya, setiap menyambut Natal dan Tahun Baru memang ada lonjakan permintaan busana khusus natal, sepatu maupun sandal,” kata Asisten Manajer I Matahari Departemen Store Kudus Didien didampingi Asisten Manajer II Ibnu Izam di Kudus, Rabu.

Ia menargetkan tingkat kunjungan dalam seharinya bisa mencapai 5.000 orang.

Apalagi, lanjut dia, sejak sepekan terakhir sudah ada kebijakan untuk membuka akses jalan dari arah Jalan Agil Kusumadya Kudus menuju Jalan Lukmono Hadi.

Saat dilakukan penutupan setiap sore hari, kata dia, memang berdampak pada tingkat kunjungan setiap harinya hanya 1.000-an pengunjung.

“Kini sudah mulai ada peningkatan, terlebih menyambut Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Untuk menarik minat pengunjung, kata dia, sejumlah produk yang dijual dimulai dari busana hingga sepatu ada diskon hingga 70 persen.

Selain itu, lanjuat dia, stok barang juga diperbanyak.

“Untuk memberikan kenyamanan pembeli, jumlah kasir akan ditambah hingga dua mesin register agar tidak ada pembeli yang harus menunggu terlalu lama saat membayar,” ujarnya.

Ia mengklaim, kualitas layanan yang diberikan kepada konsumen sudah ditingkatkan, termasuk kualitas produk yang ditawarkan juga dijamin tidak mengecewakan pembeli.

Demikian halnya, lanjut dia, diskon yang ditawarkan juga riil sehingga tidak ada upaya menaikkan harga terlebih dahulu sebelum diberikan diskon.

“Jika masyarakat terbiasa berkunjung, tentunya bisa membedakan diskon yang diberikan riil atau tidak,” ujarnya.

Produk khas Natal yang disediakan, yakni boneka sinterklas maupun pernik-pernik khas Natal lainnya serta pakaian khas Natal khusus untuk anak-anak.

Hal senada juga diungkapkan Store Manager Swalayan ADA Kudus Setyowati mengatakan menyambut Natal dan Tahun baru juga menyediakan sejumlah produk khas Natal.

Selain itu, kata dia, disediakan pula parcel khas natal.

“Kami juga menyelenggarakan kegiatan khusus untuk umat kristiani dan disediakan pula hadiah untuk mereka,” ujarnya.

Upaya lain menarik minat pengunjung, yakni dengan menyelenggarakan diskon untuk beberapa produk.

Dengan momen tersebut, dia menargetkan, terjadi lonjakan kunjungan hingga 50 persen dibanding hari-hari biasa.

Ia optimistis terjadi lonjakan kunjungan karena Swalayan ADA Kudus didukung tempat parkir yang luas dan nyaman.(ant/pj)