Home Ekbis Omset Distributor Buah Import Turun

Omset Distributor Buah Import Turun

Ilustrasi
IlustrasiSemarang, 29/1 (Beritajateng.net) – Imbas dari penarikan sejumlah apel jenis Granny Smith dan Royal Gala yang diimport dari Kalifornia Amerika Serikat, omset distributor buah import turun cukup signifikan dan mencapai angka 50 persen dibanding sebelum kasus ini terjadi.

“Biasanya omset saya sekitar 150 juta rupiah. Sejak ada kasus ini turun sekitar 50 persen,” ungkap Sugeng Utomo yang biasa disapa Landung, di Gedung Berlian Jalan Pahlawan Semarang, Kamis (29/1).

Landung yang biasa menjadi penyetor buah import di Supermarket Gelael dan beberapa toko buah di Pasar Johar ini mengaku, banyak pedagang yang memilih untuk mengembalikan buah buahan yang sudah disetorkan dirinya walaupun bukan jenis yang ditarik pemerintah.

“Gelael aja akan mengembalikan buah apel senilai 23 juta rupiah. Padahal bukan jenis yang dilarang beredar,” sesalnya.

Landung menambahkan, saat ini para pedagang buah lebih hati hati menjual dagangannya dan lebih menghindari menjual apel import karena takut tidak laku. Kondisi ini membuat beberapa distributor termasuk landung kebingungan karena permintaan pedagang turun drastis.

“Dua jenis apel asal kalifornia itu di Semarang sudah jarang ada bahkan mungkin sudah habis, tapi imbasnya apel jenis lain ikut tidak laku,” pungkasnya.(BJ013)